Find and Follow Us

Minggu, 19 Januari 2020 | 13:03 WIB

Catatan Awal Tahun: Lidah Kita

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Senin, 6 Januari 2020 | 14:57 WIB
Catatan Awal Tahun: Lidah Kita
facebook twitter

ADA yang bertanya anggota bagian yang mana yang kira-kira paling kuat dan berpengaruh dalam kehidupan manusia. Bisa jadi jawabannya berbeda-beda. Bagi pemain sepak bola mungkin jawabannya adalah kaki, bagi petinju bisa jadi jawabannya adalah tangan dan bagi yang lainnya adalah yang lainnya. Kalau kita berpikir secara umum dan luas, barangkali jawaban yang paling benar adalah LIDAH.

Hanya 8 otot yang dimiliki lidah, itupun tanpa tulang penguat. Namun ribuan bahkan jutaan otot bisa runtuh, lunglai dan terluka parah karenanya. Meski demikian, dengan 8 otot itu lidah mampu menghidupkan dan membahagiakan ribuan bahkan jutaan hati yang pada akhirnya menyatukan semua otot menuju cinta, kasih sayang dan saling tolong menolong.

Kedamaian dan ketenangan terusik oleh suara-suara sumbang yang diteriakkan kencang-kencang. Keteraturan dan keberimbangan hidup terkoyak oleh nada-nada provokatif yang dilontarkan lidah-lidah tak terdidik secara etika. Lalu, lidah model apa yang sesungguhnya kita butuhkan?

Kita sungguh mengharapkan suara-suara sejuk yang mendamaikan, suara-suara lembut yang mengarahkan dan suara-suara tegar yang menyabarkan dari lidah para guru kita dan pemimpin kita. Dari situlah akan mengalir cinta dan kasih sayang yang sesungguhnya. Selamat menyambut tahun baru saudaraku dan sahabatku. Salam, AIM. [*]

Komentar

x