Find and Follow Us

Jumat, 24 Januari 2020 | 13:20 WIB

Kebaikan Jika Memiliki Teman yang Saleh di Akhirat

Senin, 9 Desember 2019 | 12:00 WIB
Kebaikan Jika Memiliki Teman yang Saleh di Akhirat
(Ilustrasi)
facebook twitter

2- Dia akan mendoakan kita dalam kebaikan

Dari Shafwan bin Abdillah bin Shafwan istrinya adalah Ad-Darda binti Abid Darda; beliau mengatakan, "Saya tiba di negeri Syam. Kemudian saya bertemu dengan Ummu Ad-Darda (ibu mertua Shafwan, pen.) di rumah, namun saya tidak bertemu dengan Abu Ad-Darda (bapak mertua Shafwan, pen.). Ummu Ad-Darda berkata, Apakah engkau ingin berhaji tahun ini? Saya (Shafwan) berkata, Iya.

Ummu Darda pun mengatakan, Kalau begitu doakanlah kebaikan kepada kami karena Nabi shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda,

Sesungguhnya doa seorang muslim kepada saudaranya pada saat saudaranya tidak mengetahuinya adalah doa yang mustajab (terkabulkan). Di sisi orang yang akan mendoakan saudaranya ini ada malaikat yang bertugas mengaminkan doanya. Tatkala dia mendoakan saudaranya dengan kebaikan, malaikat tersebut akan berkata, Amin. Engkau akan mendapatkan semisal dengan saudaramu tadi.""

Shafwan pun mengatakan, "Saya bertemu Abu Darda di pasar, lalu Abu Darda mengatakan sebagaimana istrinya tadi. Abu Darda mengatakan bahwa dia menukilnya dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam." (HR. Muslim, no. 2733)

3- Teman dekat yang baik akan dibangkitkan bersama kita pada hari kiamat

Dari Abu Musa radhiyallahu anhu; ia berkata, "Ada yang berkata kepada Nabi shallallahu alaihi wa sallam, Ada seseorang yang mencintai suatu kaum, namun ia tak pernah berjumpa dengan mereka. Nabi shallallahu alaihi wa sallam lantas bersabda, Setiap orang akan dikumpulkan bersama orang yang ia cintai." (HR. Bukhari, no. 6170 dan Muslim, no. 2640)

[Referensi: Al-Jalis Ash-Shalih wa Jalis As-Suu; At-Tashil li Tawil At-Tanzil Tafsir Surat Al-Kahfi fi Sual wa Jawab; Tafsir Al-Quran Al-Azhim li Al-Imam Ibnu Katsir/ Muhammad Abduh Tuasikal]

Komentar

x