Find and Follow Us

Senin, 16 Desember 2019 | 15:33 WIB

Ujian dan Cobaan yang Mendera Para Kekasih Allah

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Rabu, 4 Desember 2019 | 00:05 WIB
Ujian dan Cobaan yang Mendera Para Kekasih Allah
facebook twitter

ADA yang bertanya mengapa orang-orang baik yang mengajak pada kebaikan selalu saja mendapatkan musibah, ujian dan cobaan? Mengapa pula orang-orang tak baik yang sering menipu orang lain tidak seakan pernah mendapatkan teguran dari Allah?

Kalau mau dijawab singkat, jawabannya bisa begini: "Jangan lihat kini, lihat saja nanti. Baik tidaknya sesuatu itu tergantung akhirnya." Jawaban pendek lainnya adalah: "Ada rahasia Allah di balik setiap takdir. Jalani saja." Namun ada juga yang tak puas dengan jawaban pendek itu. Kalau Anda termasuk jenis yang ini, hadir saja ke pengajian darat, ulasannya bisa panjang.

Ijinkan saya berbagi kesimpulan Imam al-Ghazali atas sejarah hidup orang-orang baik. Dalam kitab "Ihya'" jilid 4 halaman 50 beliau berkata: "Kehidupan para nabi itu tak pernah sepi dari cobaan dari orang-orang jahat. Maka demikian pulalah kehidupan para kekasih Allah dan para ulama, tak pernah lengang dari ujian dari orang-orang bodoh. Para kekasih Allah itu tak pernah putus didera berbagai bentuk penyiksaan."

Tak mudah membangun masjid, pesantren, madrasah, majelis ta'lim dan sejenisnya. Selalu saja ada godaan dan gangguan dari orang-orang bodoh. Meski demikian, dakwah harus tetap berjalan. Satu catatan yang harus kita pegang: "Jangan menjadi bagian gerombolan orang bodoh yang memusuhi para kekasih Allah dan para ulama. Tak ada tempat mulia dalam sejarah yang dimiliki oleh para pemusuh manusia-manusianya Allah." Salam, AIM. [*]

Komentar

Embed Widget
x