Find and Follow Us

Senin, 9 Desember 2019 | 10:25 WIB

Ketaatan dalam Kebenaran

Kamis, 21 November 2019 | 18:00 WIB
Ketaatan dalam Kebenaran
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

SELEPAS subuh saya coba membaca Al Quran dan mentadaburinya. Entah mengapa jari ini Allah swt tunjukan untuk membuka Aplikasi Muslim pro tepat pada QS. Ali Imran ayat 14-18. Saya coba membaca dan menghayati Artinya. Subhanallah. Saya takjub dengan runtutan ayat yang sangat terstruktur padahal di zaman Al Quran diturunkan kayaknya belum ada materi kecakapan BAHASA dan LITERASI.

Saya coba sampaikan sedikit yang saya maksudkan semoga menjadi wasilah saudara saya memahami ayat yang saya baca dan hayati

Pada QS Ali Imran Ayat 14. Allah swt memaparkan mengenai kesenangan dunia yang membuat mata dan hati kita tertuju kepadanya. Yaitu
1. Apa yang diinginkan atau apa yang dicita-citakan
2. Perempuan
3. Anak-anak
4. Harta benda yang bertumpuk dalam bentuk emas dan perak
5. Kuda Pilihan (Kendaraan)
6. Hewan Ternak
7. Sawah Ladang
Namun Allah swt tutup dengan statement "di sisi Allah swt adalah tempat kembali yang baik".

Lalu, seperti apa sih tempat di sisi Allah swt itu sehingga Allah swt seolah menyatakan ketujuh kebahagiaan dunia itu tidak baik dan di sisi Allah swt sesungguhnya yang baik. QS Ali Imran Ayat 15. Allah swt menjelaskan sebetulnya apa sih yang berada di sisi Allah swt tempat kembali yang baik itu.

Ternyata yang baik bagi kita sebagai manusia (catatan manusia yang bertakwa) bukanlah dunia melainkan syurga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, kita kekal di dalamnya, tidak tua, tidak sakit, tidak mati, kita juga ditemani pasangan yang suci, tidak bau badam walau tidak mandi, tidak kusut di kala bangun tidur, dan lain sebagiannya. Allah swt tutup penjelasan dengan statement "Allah swt melihat apa yang dilakukan hamba Nya".

Lalu apa yang dilakukan sang Hamba sehingga Allah swt janjikan tempat yang baik di sisi Allah swt? Dan bagaimanakah ciri-ciri mereka?

Ternyata mereka adalah orang yang senantiasa berdoa yang di dalam doanya mereka menyatakan
a. Mereka benar-benar telah beriman
b. Mereka meminta diampuni dosa
c. Mereka meminta dijauhkan dari Azab Neraka

QS. Ali Imran Ayat 16.
Selanjutnya ciri-ciri hamba yang Allah swt janjikan tempat yang baik di sisi Nya adalah
1. Orang yang Sabar
2. Orang yang benar
3. Orang yang taat
4. Orang yang menginfakan hartanya
5. Orang yang memohon ampunan di waktu sebelum fajar (waktu tahajjud)

QS. Ali Imran ayat 17
Coba perhatikan wahai sahabat ku, lagi-lagi Allah swt memberikan nasihat melalui strukturisasi yang Indah. Ayo kita perhatikan bersama. Pertama adalah sabar, kedua taat dan ketiga dan seterusnya. Ternyata untuk melakukan sebuah KEBENARAN pondasinya adalah SABAR. Ingat orang yang melakukan sebuah kebenaran HARUS sabar karena cobaan 100% akan datang di tengah2 orang yang ingin BENAR.

Selanjutnya pondasi untuk KETAATAN adalah BENAR, tidak ada KETAATAN berdiri di atas KETIDAKBENARAN, maka Allah swt berikan statement Benar dulu baru TAAT. Dan selanjutnya pondasi untuk berinfaq dan memohon ampunan di waktu sebelum fajar adalah KETAATAN. Sungguh menurut saya akan berat menginfakan harta, waktu, tahta, bahkan jiwa untuk berjuang di jalan Allah swt tanpa ment KETAATAN yang paripurna. Coba betul atau betul?

Selanjutnya akan sangat sulit bagi orang yang kurang TAAT untuk bangun di kala yang lain sedang menikmati tidur lelapnya hanya untuk beribadah kepada Allah swt dan memohon ampunan. setujukah? oke pasti setuju.

Maka di QS Ali Imran Ayat 18 Allah swt nyatakan " tidak ada TUHAN selain DIA, bahkan yang menyatakan hal tersebut diikuti juga oleh pernyataan para malaikat, dan orang-orang yang berilmu dan tidak sekedar berilmu melainkan orang tersebut juga menegakkan keadilan pada ilmu yang ia miliki sehingga mengarahkan ia mengakui ketuhanan Allah swt. (Karena pada QS Ali Imran ayat 19, Allah swt memberitahukan ada di sebagian orang-orang yang telah diberi kitab dan telah diberi ilmu mengalami penyakit DENGKI yang membuat mereka tidak berlaku adil dalam keilmuannya sehingga ia mendustakan apa yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW)

Ayat 18 ini Allah swt tutup dengan statment "Allah swt DIA tuhan kita dan tuhan semesta alam menyatakan bahwa DIA lah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana". Subhanallah, pagi yang indah dengan mentadaburi ayat demi ayat yang Allah swt turunkan yang semoga dengannya kita semakin memahami Al Quran dikarenakan pembahasannya yang sangat terstruktur. Saya rasa para ahli bahasa atau Orang-orang yang memahami literasi akan kagum dibuatnya.

[Oleh. Maulana Ishak MSP IPB Angkatan 43, EX Ketua Pondok Al Izzah IPB Dramaga]

Komentar

Embed Widget
x