Find and Follow Us

Sabtu, 14 Desember 2019 | 21:21 WIB

Perbuatan Jelek yang Disukai oleh Jiwa

Kamis, 21 November 2019 | 14:00 WIB
Perbuatan Jelek yang Disukai oleh Jiwa
(Ilustrasi)
facebook twitter

SIFAT jalan setan yang paling utama adalah sombong dan dusta. Contoh jalan setan lainnya adalah bakhil (pelit). Allah Taala berfirman,

"Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir)." (QS. Al-Baqarah: 268). Sehingga ada ulama yang mengartikan fahsya dalam ayat dengan bakhil (pelit).

Makan dengan tangan kiri juga merupakan langkah setan. Ibnu Umar radhiyallahu anhuma menyatakan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

"Jika salah seorang di antara kalian makan, makanlah dengan tangan kanan. Jika salah seorang di antara kalian minum, minumlah dengan tangan kanan. Karena setan itu makan dengan tangan kiri dan minum dengan tangan kiri." (HR. Muslim, no. 2020)

Sehingga langkah setan yang dimaksud adalah jalannya setan. Ini berputar pada dua perkara yaitu dusta dan sombong. Dan ada jalan setan juga yang dikhususkan seperti pelit dan makan atau minum dengan tangan kiri.

Fahsya atau fahisyah adalah perbuatan jelek yang disukai oleh jiwa semacam zina. Sedangkan yang namanya munkar adalah perbuatan selain fahisyah yang diingkari oleh akal dan fitrah. (Lihat Tafsir As-Sadi, hlm. 594, 669)

[baca lanjutan]

Komentar

Embed Widget
x