Find and Follow Us

Senin, 9 Desember 2019 | 10:24 WIB

Akibat Buruk Pengkhianatan

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Jumat, 22 November 2019 | 00:04 WIB
Akibat Buruk Pengkhianatan
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

TAK usah takut dengan kematian karena kematian hanya "membunuh" masa depan. Asal saja telah memiliki masa lalu dan masa kini yang baik, kematian akan tetap menjaga utuh nama baik. Lihatlah begitu banyak orang yang sudah wafat namun namanya tetap harum dikenang, keterpujiannya pada masa lalunya menjadi kenangan indah.

Takutlah untuk berkhianat, karena berkhianat itu tak hanya "membunuh" masa depan, ia juga membunuh masa lalu. Nama baik akan hancur karena pengkhianatan. Walau sebelumnya sempat dipuja-puji, saat sekali melakukan pengkhianatan, maka runtuhlah puja-puji itu.

Kaidah di atas berlaku untuk umum, di mana saja dan kapan saja. Amanah adalah sifat yang terpuji, salah satu dari sifat wajib yang harus dimiliki oleh para nabi. Nama baik semua nabi terjaga sampai kini dengan segala kisah suka dukanya. Bisakah kita menjaga nama baik kita dengan cara kita bersikap amanah?

Jauhilah keadaan dan pekerjaan yang sekiranya menjebak kita untuk berkhianat, mengantarkan kita pada sistem yang berkhiamat. Catatlah dalam akal pikiran kita dengan baik bahwa rugi harta karena kita amanah adalah terpuji, banyak harta dengan cara khianat adalah tercela. Akal sehat menyimpulkan seperti itu. Masihkah mau berkhianat? Salam, AIM. [*]

Komentar

Embed Widget
x