Find and Follow Us

Senin, 9 Desember 2019 | 10:27 WIB

Perang Rasulullah Lawan Kafilah Dagang Quraisy

Sabtu, 16 November 2019 | 12:00 WIB
Perang Rasulullah Lawan Kafilah Dagang Quraisy
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

PEPERANGAN ini adalah kelanjutan dari Perang Abwa. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menyerahkan bendera perang kepada Ubaidah bin Harits untuk memimpin 60 orang dari kaum Muhajirin. Ubaidah berangkat hingga menemui rombongan besar Quraisy yang dipimpin oleh Abu Sufyan atau Ikrimah bin Abi Jahal pada sebuah sumur di Hijaz (antara Madinah dengan Mekah).

Mereka saling memanah. Di pihak kaum muslimin, Saad bin Abi Waqqash yang pada saat itu melontarkan panah. Dengan demikian, beliaulah yang pertama kali melontarkan panah di jalan Allah dalam Islam. Kemudian mereka bubar.

Perang Buwath

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berangkat memimpin 200 orang sahabatnya untuk menghadang rombongan dagang Quraisy yang dipimpin oleh Umayyah bin Kholaf yang berkekuatan 100 orang Quraisy dan 2500 ekor unta hingga beliau sampai di Buwath, salah satu gumang Juhainah di arah Rodhwa. Lalu beliau kembali tatkala tidak menemukan kafilah Quraisy dan tidak terjadi pertempuran. Peperangan ini terjadi pada bulan Robiul Awal tahun ke-2 Hijriah.

Komentar

Embed Widget
x