Find and Follow Us

Rabu, 13 November 2019 | 09:09 WIB

Hukum Asal Segala Sesuatu adalah Halal, Kecuali...

Senin, 21 Oktober 2019 | 14:00 WIB
Hukum Asal Segala Sesuatu adalah Halal, Kecuali...
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

SEBELUM kita masuk inti pembahasan, alangkah baiknya kita mengingat suatu kaedah tentang makanan atau hewan: "Hukum asal segala sesuatu adalah halal. Sesuatu tidaklah diharamkan kecuali jika diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya."

Inilah kaedah yang disampaikan oleh Muhammad bin Ali Asy Syaukani rahimahullah ketika mengawali pembahasan beliau dalam kitab "Al Athimah" (masalah makanan).

Dalil dari kaedah di atas adalah firman Allah Taala, "Katakanlah: "Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya." (QS. Al Anam: 145)

Dari Saad bin Abi Waqqash, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Kaum muslimin yang paling besar dosanya adalah yang bertanya tentang sesuatu, lantas sesuatu tersebut diharamkan karena pertanyaannya, padahal sebelumnya tidak diharamkan." (HR. Bukhari no. 7289 dan Muslim no. 2358)

Dalil di atas menunjukkan bahwa asal segala sesuatu itu halal sampai ada dalil yang mengharamkannya, Setelah memahami kaedah ini, kita akan masuk ke pembahasan inti.

[baca lanjutan]

Komentar

Embed Widget
x