Find and Follow Us

Rabu, 13 November 2019 | 09:25 WIB

Adakah yang Tahu di Mana Letak Neraka?

Minggu, 20 Oktober 2019 | 08:00 WIB
Adakah yang Tahu di Mana Letak Neraka?
(Ilustrasi)
facebook twitter

TERJADI silang pendapat di kalangan para ulama mengenai letak neraka saat ini. Sebagian menjelaskan, neraka terletak di bagian dalam bumi.

Sebagian lagi mengatakan di langit. Kelompok yang ketiga lebih memilih untuk tawaquf (tidak berkomentar dalam masalah ini). Dan inilah yang lebih tepat. Karena tidak ada dalil yang secara eksplisit menjelaskan tempat neraka saat ini.

Di antara ulama yang memilih pendapat ini Al Hafizh As Suyuti rahimahullah. Beliau mengatakan,

"Tawaquf-lah tentang pembahasan letak neraka. Karena yang mengetahui hanyalah Allah. Tidak ada satupun hadis yang aku ketahui bisa dijadikan pegangan dalam pembahasan ini"

Syaikh Waliyullah ad Dahlawi rahimahullah menjelaskan, "Tidak ada dalil yang secara eksplisit menjelaskan keberadaannya. Terserah kehendak Allah. Karena ilmu kita tidak sampai meliputi semua ciptaan dan perbuatanNya." (Lihat: Yaqdzoh Ulil itibar, hal. 47. Karya Sidik Hasan Khan).

Setelah menukil perkataan Syaikh Waliyullah Ad Dahlawi ini, Syaikh Sidik Hasan Khan menyatakan, "Inilah pendapat yang paling kuat dan paling hati-hati insyaAllah" (ibid, hal. 47). []

Referensi: Al Jannatu wan Naar, karya Prof. Dr. Umar Sulaiman Abdullah Al Asy-qar. Terbitan: Dar An Nafais. Cet. Th 1432 H.

Komentar

Embed Widget
x