Find and Follow Us

Senin, 18 November 2019 | 16:58 WIB

Puasa Daud: Puasa Sunah Paling Utama dan Istimewa

Sabtu, 12 Oktober 2019 | 10:00 WIB
Puasa Daud: Puasa Sunah Paling Utama dan Istimewa
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

JIKA ada puasa sunnah yang paling utama dan istimewa, maka ia adalah puasa Daud. Rasulullah saw menjelaskan tentang puasa ini dala sabda beliau:

"Berpuasalah sehari dan berbukalah sehari karena yang demikian adalah seutama-utamanya puasa. Itulah puasa saudaraku Daud as." ( HR.Bukhari dan Muslim )

"Sesungguhnya puasa yang paling disukai Allah adalah puasa Daud. Dan salat yang paling disukai Allah adalah salatnya Daud. Ia tidur di tengah malam, bangun di sepertiganya, dan tidur di seperenamnya. Dan ia berpuasa sehari dan berbuka sehari." (HR.Bukhari dan Muslim )

Berbeda dengan puasa sunah lainnya yang banyak disebutkan keutamaannya. Rasulullah pada hadis di aras hanya menjelaskan kalau puasa Daud adalah yang paling utama, puasa yang paling disukai Allah, dan puasa yang paling tinggi nilai dan kedudukannya.

Dalam buku " Manfaat Dahsyat Puasa Senin Kamis dan Puasa Daud " yang ditulis oleh Ustaz Mahmud asy Syafrowi, maka tak berlebihan jika dikatakan:

- Puasa Daud lebih utama dari puasa tiga hari dalam sebulan yang pahalanya seperti puasa sepanjang masa.

"Puasa tiga hari dari setiap bulan dan Ramadan ke Ramadan berikutnya, ini adalah puasa sepanjang masa keseluruhannya." (HR. Muslim, Abu Daud dan Nasai)

- Puasa Daud lebh utama dari puasa Arafah yang ganjarannya adalah dihapuskan seluruh dosa kecilnya selama dua tahun sebelumnya dan sesudahnya.

"Puasa hari Arafah menghapuskan (dosa kecil dan kesalahan) dua tahun yang lalu dan yang akan datang." ( HR.Ahmad, Muslim dan Abu Daud )

- Puasa Daud lebih utama dari Asyura yang pahalanya adalah dihapus seluruh dosa kecilnya selama setahun yang lalu.

"Puasa Asyura menghapuskan (dosa kecil dan kesalahan ) selama setahun yang lalu." (HR.Ahmad, Muslim dan Abu Daud)

- Dan puasa Daud lebih utama dari puasa Senin Kamis dengan segala keutamaan dan keistimewaan yang dimilikinya. Yang dengan ini, secara otomatis keistimewaan puasa Senin Kamis telah tercakup pula dalam puasa Daud.

Penjelasan Nabi saw, tersebut secara tersirat mengandung makna kalau puasa Daud adalah puasa yang lebih utama di antara puasa puasa sunnah lainnya. [Chairunnisa Dhiee]

Komentar

Embed Widget
x