Find and Follow Us

Selasa, 15 Oktober 2019 | 01:32 WIB

Enam Tips Bergaul Sesuai Syariat Islam

Jumat, 11 Oktober 2019 | 09:00 WIB
Enam Tips Bergaul Sesuai Syariat Islam
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

KETERTARIKAN laki laki dan perempuan adalah fitrah dan sunnatullah (keniscayaan) sehingga Islam memberi solusi untuk menikah. Dan mengatur dengan bijak bagaimana seharusnya bergaul islami. Dalam Alquran surat Al Hujarat ayat 13:

"Wahai manusia! Sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa bangsa dan bersuku suku supaya kamu saling kenal mengenal, sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal."

Dari ayat di atas kita bisa paham kenapa kita harus bergaul, karena memang Allah menjadikan kita makhluk sosial yang butuh teman, silahkan saja bergaul tapi ingat yang jadi tolak ukurnya adalah takwa. Untuk kita bisa bergaul baik, tidak sombong dan tidak keterlaluan maka yang harus kita jadikan pedoman adalah nilai Islam. Kita tidak mungkin bisa membuat semua orang suka atau senang dengan kita tapi lakukan yang terbaik sesuai aturan Alquran dan sunah sebagai pedoman asasi nya. Sementara sirah nabi Sebagai pedoman kita beramal.

Tips etika bergaul dalam Islam:

1. Setiap muslim harus menjaga pandangan matanya secara berlebihan terhadap lawan jenis. Hal ini terdapat dalam firman Allah surat An Nuur ayat 24, "Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, yang demikian itu adalah yang lebih suci dari mereka, sesunggunya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat".

2. Hendaknya setiap muslim muslimah menjaga auratnya masing masing. Khususnya untuk muslimah dengan cara berbusana secara islami supaya terhindar dari fitnah. Di dalam Alquran secara khusus Allah Ta'ala berfirman untuk kaum hawa (perempuan), salah satunya yang terdapat pada surat An Nuur ayat 31.

"Katakanlah kepada wanita beriman: "Hendaknya janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra putra mereka, atau putra putra suami mereka, atau sodara sodara laki laki mereka, atau putra putra sodara lelaki mereka, atau putra putra sodara perempuan mereka, atau wanita wanita islam, atau budak budak yang mereka miliki, atau pelayan pelayan laki laki yang tidak mempunyai keinginan terhadap wanita, atau anak anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang orang beriman supaya kamu beruntung"."

3. Seorang muslimah sebaiknya berpakaian tidak tipis, tidak menampakkan warna kulit, tidak ketat sehingga tidak menampakkan bentuk tubuh, memakai kerudung supaya dijulurkan kebawah sampai menutup dada.

Sebagaimana dalam firman Allah Ta'ala surat Al Ahzab ayat 59, "Hai Nabi katakan kepada istri istrimu, anak anak perempuanmu dan istri istri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun dan lagi Maha Penyayang."

4. Seorang muslim yang baik tidak akan berbuat sesuatu yang akan mendekatkan diri pada perbuatan zina, misalnya berkhalwat atau berdua duaan dengan lawan jenis yang bukan mahramnya. Seorang muslim apabila berbicara tidak berlebihan, karena suara perempuan adalah aurat.

5. Tidak bersentuhan kulit dengan lawan jenis, seperti berjabatan tangan.

6. Ramah dan menjaga Izzah

Wallahu a'lam. [Ustaz Nurdiana]

Komentar

Embed Widget
x