Find and Follow Us

Selasa, 15 Oktober 2019 | 01:02 WIB

Keutamaan Membantu Orang Lain

Oleh : Ustadz Afifuddin Rohaly, MM | Rabu, 18 September 2019 | 02:02 WIB
Keutamaan Membantu Orang Lain
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

BETAPA mulianya seorang muslim bila ia mengetahui benar tentang agamanya. Karena Islam mengajarkan dan memerintahkan pemeluknya untuk berakhlak mulia. Di antara kemuliaan akhlak yang diajarkan Islam adalah mendahulukan kepentingan orang lain atau membantu meringankan kesulitan orang lain.

Terdapat hadits yang menjelaskan keutamaan meringankan urusan orang lain, sekaligus perintah untuk hal itu. Dari Abu Hurairah radliyallahu anhu berkata, Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam bersabda, "Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia seorang mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan pada Hari Kiamat. Barangsiapa memudahkan (urusan) orang yang kesulitan (dalam masalah utang), maka Allah memudahkan baginya (dari kesulitan) di dunia dan akhirat. Barangsiapa menutup aib seorang muslim, maka Allah akan menutup (aibnya) di dunia dan akhirat. Allah senantiasa menolong seorang hamba selama hamba tersebut menolong saudaranya,". (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam riwayat lain, beliau shalallahu alaihi wasallam bersabda, "Seorang Muslim adalah saudara orang muslim lainnya. Ia tidak boleh menzaliminya dan tidak boleh membiarkannya diganggu orang lain (bahkan ia wajib menolong dan membelanya). Barangsiapa membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah akan melapangkan baginya dari salah satu kesempitan di hari kiamat dan barangsiapa menutupi aib seorang muslim, maka Allah menutupi aibnya pada hari kiamat,". (HR. Bukhari dan Muslim).

Maka menjadi catatan pula, hendaknya kita membantu saudara kita dengan ikhlas. Yakni hanya berharap balasan dari Allah. Bila Allah tidak membalasnya di dunia, maka pasti Allah membalas kebaikan kita di akhirat. Jangan mengharap pamrih pertolongan orang lain pada kita suatu hari nanti.

Allahu Alam. [*]

Komentar

Embed Widget
x