Find and Follow Us

Jumat, 15 November 2019 | 23:20 WIB

Dua Keuntungan Sekaligus di Majelis Ilmu

Oleh : Ustadz Afifuddin Rohaly, MM | Sabtu, 14 September 2019 | 02:02 WIB
Dua Keuntungan Sekaligus di Majelis Ilmu
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

HADIR di majelis ilmu adalah keuntungan yang sangat besar. Terutama bagi jiwa kita yang membutuhkan makanan untuk menguatkannya. Sebagaimana jasad kita membutuhkan makanan untuk menguatkannya.

Setidaknya ada dua hal yang secara langsung dapat kita peroleh manfaatnya di majelis ilmu. Maka apabila kita mendatangi majelis ilmu yang Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam menyebutnya pula sebagai taman surga, kita akan memperoleh dua kebaikan sekaligus.

Pertama adalah ilmu. Yakni ilmu yang diajarkan oleh ahli/pengajarnya di majelis ilmu tersebut. Dengan ilmu yang kita temui dan kita peroleh di majelis ilmu ini, hidup kita akan terarah. Sebab ilmu ibarat pelita di kegelapan. Memberi penerang di perjalanan kita.

Ibarat orang yang buta, ilmu pula sebagai tongkat yang akan menunjuki jalan baginya. Sehingga ia tidak jatuh terjerembab, tidak pula salah arah dalam berjalan.

Kedua adalah sahabat atau orang-orang yang shaleh. Kita tidak dapati di majelis ilmu, kecuali orang-orang yang berusaha memperbaiki diri. Mereka gigih dalam mencari ilmu agar mereka bisa beramal dengan ilmu tersebut sebagai bekal di akhirat.

Orang-orang ini pula tidak akan membiarkan kita, melainkan mengajak kita ke jalan menuju surgaNya. Yakni menasehati kita bila kita bersalah, tidak malah membiarkan kita dalam kesalahan dan kesesatan.

Semoga Allah memberi hidayah kepada kita untuk hadir di majelis ilmu. [*]

Komentar

Embed Widget
x