Find and Follow Us

Minggu, 22 September 2019 | 17:42 WIB

Dua Jenis Ambisi Manusia Terhadap Dunia

Oleh : Ustadz Afifuddin Rohaly MM | Rabu, 4 September 2019 | 02:02 WIB
Dua Jenis Ambisi Manusia Terhadap Dunia
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

DUNIA bagi kebanyakan manusia (kecuali yang Allah rahmati) melenakan dan memperdaya. Bahkan hingga manusia lalai dalam urusan akhiratnya. Sehingga semua waktu yang tersedia, siang dan malam, bahkan usianya, ia habiskan untuk mengumpulkan harta dunia. Ambisinya menguasai harta melalaikannya dari urusan akhirat.

Ibnu Rajab menggolongkan manusia dan ambisi mereka terhadap harta dunia ke dalam dua golongan. Golongan pertama adalah mereka yang sangat mencintai harta. Mereka semangat dalam mencarinya dengan cara yang mubah. Dan mereka cenderung berlebihan dalam mendapatkan dan mengusahakannya.

Meskipun dengan cara yang dibolehkan, halal, namun ambisi mereka dalam mencari dan mengumpulkan harta, melalaikan mereka dari mengingat Allah dan menyiapkan bekal kehidupan akhirat. Jelas hal ini adalah tercela. Dan mungkin inilah yang kebanyakan dapat ditemui sekarang ini.

Golongan kedua adalah manusia yang kondisinya lebih buruk dari golongan pertama. Ambisi mereka terhadap dunia sudah sangat besar. Sehingga golongan dua ini mencari dan menumpuk harta dunia dengan tidak peduli lagi dari mana dan bagaimana caranya mereka dapatkan. Mereka mengumpulkan harta dunia dengan cara yang diharamkan Allah. Mereka juga tidak menegakkan hak-hak harta sesuai perintah Allah.

Perut orang-orang pada golongan dua ini, penuh dengan harta haram. Mereka merasa apa yang telah diraihnya adalah dari hasil usahanya semata. Mereka menjadi sangat takut kehilangan hartanya. Mereka malas bersedekah dan sangat individualis. Mereka jatuh dalam sifat kikir yang tercela.

Semoga Allah memberi hidayah kepada kita dan menjadikan kita sebagai hambaNya yang tidak disibukkan dengan dunia. [*]

Komentar

Embed Widget
x