Find and Follow Us

Jumat, 15 November 2019 | 23:04 WIB

Keuntungan Abadi Hingga Hari Akhir

Oleh : Ustadz Afifuddin Rohaly, MM | Sabtu, 31 Agustus 2019 | 02:02 WIB
Keuntungan Abadi Hingga Hari Akhir
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

BAGAIMANA bila ada suatu hal yang dapat memberikan keuntungan? Tentu kita akan mengusahakan hal tersebut dapat kita lakukan atau kita peroleh. Lalu bagaimana bila ada suatu hal yang dapat memberikan keuntungan berlipat dan tak henti-henti? Apakah kita akan berdiam diri melewatkannya begitu saja?

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Muslim, Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam bersabda, "Barangsiapa menunjuki kepada kebaikan, maka ia akan mendapatkan pahala seperti orang yang mengerjakannya".

Kebaikan yang dimaksud adalah yang bermanfaat bagi orang lain, khususnya bagi yang ditunjukinya. Dan hal yang paling bermanfaat atau dibutuhkan bagi seseorang di dunia ini adalah ilmu. Yakni ilmu agama. Karena dengan ilmu, seseorang akan berkata, bersikap, dan beramal dengan benar.

Andaikan Anda menyampaikan ilmu tentang suatu keyakinan atau amalan kepada seseorang yang ia belum mengetahui atau mengilmuinya kemudian orang tersebut berucap dan beramal dengan berpijak pada ilmu yang Anda sampaikan yang dengannya Allah meridhainya, maka keuntungan yang besar telah Anda dapatkan.

Apabila seseorang terus beramal di atas ilmu yang telah Anda jelaskan kepadanya, maka selama itu pula Anda akan memperoleh pahala. Itu bila Anda sampaikan kepada satu orang. Lalu bagaimana bila Anda sampaikan ke lebih dari satu orang dan semua orang tersebut beramal setelah mendapatkan ilmu dari Anda?

Atau bisakah kita bayangkan pahalanya untuk kita bila orang-orang yang telah kita sampaikan ilmu kepada mereka, lalu mereka pun menyebarkan ilmu tersebut ke banyak orang yang lain, dan semua orang beramal berdasar ilmu tersebut? Masya Allah.

Namun kita tidak dapat memberi ilmu kepada seorang pun bila kita tidak berilmu. Maka datangilah majelis ilmu dengan niat pertama untuk memperbaiki diri sendiri dan keluarga. Apalagi pada akhir pekan tentunya kita tidak disibukkan dengan urusan pekerjaan. Insya Allah banyak waktu luang untuk hadir di majelis ilmu.

Semoga Allah memberi hidayah kepada kita semua. [*]

Komentar

Embed Widget
x