Find and Follow Us

Minggu, 22 September 2019 | 17:04 WIB

Kepada Saudaraku yang Sedang Bersedih

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Senin, 26 Agustus 2019 | 00:04 WIB
Kepada Saudaraku yang Sedang Bersedih
(Ilustrasi)
facebook twitter

SUNGGUH kami ikut bersedih dengan kesedihanmu. Namun ijinkan kami berbagi saran dari tanah suci Medinah ini bahwa beginilah yang namanya hidup di dunia. Tak ada yang nyaman selamanya, ada saja yang mengusik dan mengganggu kenyamanan hidup kita.

Kaidah hidup seperti ini berlaku bagi semua manusia, bukan hanya dirimu. Tidak semua orang memujimu, dirimu akan bertemu dengan orang yang menghinamu. Tidak semua orang itu menolongmu, dirimu akan bertemu dengan yang bahagia dengan deritamu. That is life, itulah hidup.

Saat sesuatu yang membuatmu sedih dan menderita berupayalah untuk keluar dari wilayah itu dengan benar dan baik. Saat dirimu merasa tak mampu mengubah keadaan, itu maknanya bahwa Allah ingin engkau mengembalikan masalah itu kepadaNya. Tak usah lah berbingung-bingung dan bersusah-susah berpikir. Cukup bacalah berulang kalimat HAWQALAH.

Saat dirimu mengucapkan kalimat HAWQALAH yang artinya, "Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang maha tinggi lagi maha agung."

Itu bermakna bahwa dirimu telah memindahkan beban urusan dan derita itu dari pundakmu ke pangkuan kekuasaan Allah. Lalu, siapakah yang lebih kuasa dariNya. Sebesar-besarnya masalahmu itu adalah kecil bagi Allah. Tersenyumlah. Tawakkal, taslim dan tafwidlah, semua akan berlalu.

HAWQALAH bermakna bahwa kita telah keluar dari kungkungan masalah dan derita, dan kini menjadi urusan Allah. Kini, masuklah ke dalam dunia khidmah, pengabdian. Radakan sensasinya, rasakan kebahagiaannya. Salam, AIM@Madinah an-Nabawi. [*]

Komentar

Embed Widget
x