Find and Follow Us

Senin, 18 November 2019 | 10:43 WIB

Siapa Bilang Berdoa Angkat Tangan tak Ada Dalil?

Senin, 26 Agustus 2019 | 07:00 WIB
Siapa Bilang Berdoa Angkat Tangan tak Ada Dalil?
(Ilustrasi)
facebook twitter

SERING kita saksikan banyak orang yang tidak mengangkat tangan saat berdoba. Menurut mereka berdoa mengangkat tangan tak ada dalilnya. Padahal, mengangkat tangan ketika sedang berdoa adalah hal yang disyariatkan dalam Islam. Ini merupakan salah satu adab dalam berdoa dan juga nilai tambah yang mendukung terkabulnya doa. Mari kita bahas secara rinci bagaimana hukum dan tata caranya.

Hukum asal mengangkat tangan ketika berdoa

Tidak kami ketahui adanya perbedaan di antara para ulama bahwa pada asalnya mengangkat tangan ketika berdoa hukumnya sunah dan merupakan adab dalam berdoa. Dalil-dalil mengenai hal ini banyak sekali hingga mencapai tingkatan mutawatir manawi.

Di antaranya hadis Abu Hurairah, bahwa Nabi Shallallahualaihi Wasallam bersabda:

"Wahai manusia, sesungguhnya Allah itu baik dan tidak menerima kecuali yang baik. Sesungguhnya apa yang Allah perintahkan kepada orang mukmin itu sama sebagaimana yang diperintahkan kepada para Rasul. Allah Taala berfirman, Wahai para Rasul, makanlah makanan yang baik dan kerjakanlah amalan saleh (QS. Al Mumin: 51).

Allah Taala berfirman, Wahai orang-orang yang beriman, makanlah makanan yang baik yang telah Kami berikan kepadamu (QS. Al Baqarah: 172). Lalu Nabi menyebutkan cerita seorang lelaki yang telah menempuh perjalanan panjang, hingga sehingga rambutnya kusut dan berdebu. Ia menengadahkan tangannya ke langit dan berkata: Wahai Rabb-ku.. Wahai Rabb-ku.. padahal makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan ia diberi makan dari yang haram. Bagaimana mungkin doanya dikabulkan?" (HR. Muslim)

Nabi Shallallahualaihi Wasallam juga bersabda:

"Sesungguhnya Allah itu sangat pemalu dan Maha Pemurah. Ia malu jika seorang lelaki mengangkat kedua tangannya untuk berdoa kepada-Nya, lalu Ia mengembalikannya dalam keadaan kosong dan hampa" (HR. Abu Daud 1488, At Tirmidzi 3556, di sahihkan oleh Al Albani dalam Shahih Al Jaami 2070)

As Shanani menjelaskan: "Hadis ini menunjukkan dianjurkannya mengangkat kedua tangan ketika berdoa. Hadis-hadis mengenai hal ini banyak" (Subulus Salam, 2/708)

Demikianlah hukum asalnya. Jika kita memiliki keinginan atau hajat lalu kita berdoa kepada Allah Taala, kapan pun dimanapun, tanpa terikat dengan waktu, tempat atau ibadah tertentu, kita dianjurkan untuk mengangkat kedua tangan ketika berdoa. [muslimorid]

Komentar

Embed Widget
x