Find and Follow Us

Minggu, 18 Agustus 2019 | 11:43 WIB

Doa Sapu Jagat di Hari Tasyrik

Oleh : Ustadz Afifuddin Rohaly MM | Rabu, 14 Agustus 2019 | 02:02 WIB
Doa Sapu Jagat di Hari Tasyrik
(Foto: Ilustrasi)

ALLAH tidak pernah membiarkan hambaNya dalam kesesatan, kesedihan, dan kesempitan. Allah memerintahkan kita untuk berdoa pada saat lapang dan sempit. Sehingga Allah menolong kita dari keterpurukan dan ketidakberdayaan.

Salah satu waktu yang secara khusus kita disunnahkan untuk memperbanyak berdoa adalah pada hari tasyrik. Tentunya segala puji bagi Allah yang menciptakan hari tasyrik dan memberikan keutamaan padanya untuk kita.

Ziyad Al Jasshas meriwayatkan dari Abu Kinanah, bahwa beliau mendengar Abu Musa al Asyari radliyallahu anhu berceramah dalam khutbah Idul Adha, dan berkata, "Setelah Hari Raya qurban ada tiga hari, di mana Allah menyebutnya sebagai al ayyam al madudat (hari-hari yang terbilang), doa pada hari-hari ini tidak akan ditolak. Karena itu perbesarlah harapan kalian)".

Ikrimah yang merupakan salah satu murid mufasir umat ini yakni Abdullah bin Abbas radliyallahu anhuma, mengatakan, "Doa berikut adalah dianjurkan untuk dibaca pada hari tasyrik: Rabbanaa aatina fiddunya hasanah, wafil aakhirati hasanah, waqiinaa adzaabannaar".

Salah satu sahabat yang dekat dengan Rasulullah, Anas bin Malik, berkata, "Doa yang paling banyak diucapkan oleh Nabi shalallahu alaihi wasallam adalah Rabbanaa aatinaa fiddun-yaa hasanah wafil aakhirati hasanah, waqiinaa adzaabannaar," (HR. Bukhari Muslim)

Allahu Alam.

Komentar

x