Find and Follow Us

Sabtu, 21 September 2019 | 09:54 WIB

Wukuf di Arafah, Baca Amalan Paling Disunahkan Ini

Sabtu, 10 Agustus 2019 | 08:00 WIB
Wukuf di Arafah, Baca Amalan Paling Disunahkan Ini
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

WUKUF Arafah termasuk rukun paling utama dalam ibadah haji. Inilah yang menjadi pembeda antara haji dan umrah. Kalau dalam ibadah umrah tidak ada kewajiban wukuf di Arafah, sementara dalam ibadah haji wajib wukuf di Arafah. Bahkan dalam hadis ditegaskan, haji adalah Arafah.

Ketika wukuf di Arafah disunahkan memperbanyak doa dan zikir. Rasulullah SAW mengatakan, "Doa paling utama ialah doa hari Arafah," (HR Malik). Al-Mawardi dalam Al-Hawil Kabir menjelaskan, di antara doa yang sering dibaca Rasul saat wukuf di Arafah ialah.

La ilaha illallahu wahdahu la syarikalah. Lahul mulku walahul hamdu wa hua ala kulli syaiin qadir. Allahummajal fi sami nura, wa fi bashari nura, wa fi qalbi nura. Allahummasyrah li shadri, wa yassir li amri. Allahumma inni audzu bika min wasawisis shadri, wa min saayiatil umur, wa min adzabil qabri. Allahumma inni audzu bika min syarri ma yaliju fil lail, wa syarri ma yaliju fin nahar, wa syarri ma tahubbu bihir rihu, wa syarri bawaiqid dahri.

Artinya, "Tidak ada Tuhan selain Allah SWT dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Dia memiliki kekuasaan dan berhak atas setiap pujian. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Wahai Tuhanku, jadikanlah pendengaranku, penglihatanku, dan hatiku bercahaya. lapangkanlah dadaku dan mudahkanlah urusanku. Aku berlindung kepada-Mu dari bisikan hati, perkara yang buruk, dan dari azab kubur. Aku juga berlindung dari kejahatan yang datang di malam hari dan siang hari. Aku berlindung dari kejahatan yang dibawa angin dan kejelekan zaman"

Selain memperbanyak doa dan zikir, jemaah dianjurkan pula membaca Surat Al-Hasyr sebanyak-banyaknya. Al-Mawardi dalam Al-Hawi mengatakan.

"Disunahkan membaca Surat Al-Hasyr sebanyak-banyaknya karena ada riwayat dari Ali bin Abu Thalib tentang hal itu."

Al-Mawardi menambahkan.

"Hendaklah bersungguh-sungguh dalam doa, sebab hari itu termasuk hari paling utama yang diharapkan terkabulnya doa. Ibnu Musayyab meriwayatkan dari Aisyah bahwa Rasulullah SAW berkata, Tidak ada hari di mana Allah SWT membebaskan hamba-Nya dari neraka lebih banyak daripada hari Arafah."

Berdasarkan penjelasan Al-Mawardi di atas, setidaknya ada tiga hal yang dianjurkan memperbanyaknya ketika wukuf di Arafah: pertama, memperbanyak doa, khususnya doa yang telah dikutip di atas; kedua, memperbanyak membaca Surat Al-Hasyr merujuk pada riwayat Ali bin Abu Thalib; ketiga, bersungguh-sungguh dalam berdoa sebab Allah SWT mengabulkan doa hamba-Nya di hari Arafah. Wallahu alam. [nuol/Hengki Ferdiansyah]

Komentar

Embed Widget
x