Find and Follow Us

Minggu, 18 Agustus 2019 | 12:42 WIB

Dosa Dua Tahun Terhapus Sebab Puasa Satu Hari

Oleh : Ustadz Afifuddin Rohaly MM | Jumat, 9 Agustus 2019 | 02:02 WIB
Dosa Dua Tahun Terhapus Sebab Puasa Satu Hari
(Foto: ist)

PUASA Arafah merupakan puasa sunnah yang dilaksanakan pada saat jamaah haji sedang wukuf di Arafah. Dan wukuf jamaah haji bertepatan pada tanggal 9 Dzulhijjah. Puasa ini diamalkan oleh kaum muslimin yang tidak sedang berhaji. Sedangkan jamaah haji tidak melaksanakan puasa sunnah ini.

Adapun keutamaan puasa Arafah sesuai hadits dari Abu Qatadah, ia berkata bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda, "Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu,". (HR. Muslim).

Terdapat dua penjelasan dari ulama tentang dosa yang dimaksud hadits di atas. Pendapat pertama, dosa yang diampuni setahun belakang dan satu tahun di depan, adalah dosa-dosa kecil. Tidak termasuk dosa besar.

Sedangkan pendapat kedua, dosa yang tersebut di hadits di atas adalah umum, maka dari itu dosa besar termasuk yang dimaksud hadits tersebut. Bila pun dosa besar tidak termasuk yang diampuni, maka semoga besarnya dosa besar dapat berkurang sebab puasa Arafah ini.

Terlepas dari penjelasan di atas, sebagai manusia tentu kita punya salah dan dosa. Karenanya kita sangat berhajat pada ampunan Allah. Oleh karenanya, meskipun puasa Arafah ini hukumnya sunnah, jangan sampai kita lewatkan kesempatan pengampunan dosa ini.

Semoga Allah memberi hidayah kepada kita semua. [*]

Komentar

x