Find and Follow Us

Minggu, 15 September 2019 | 20:57 WIB

Wahai Kaum Muslimin, Pelajari Agama Kalian

Oleh : Ustadz Afifuddin Rohaly MM | Sabtu, 3 Agustus 2019 | 02:02 WIB
Wahai Kaum Muslimin, Pelajari Agama Kalian
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

KITA memang berstatus sebagai Muslim (orang yang bergama Islam) sejak lahir. Namun ilmu tentang Islam tidak serta merta mengikut pada saat kita lahir. Ilmu tidak satu paket dengan kelahiran jasad kita ke dunia ini. Dan tidak pula orangtua menurunkan ilmu agamanya saat kita dilahirkan.

Dalam keadaan tersebut, yang pertama dan utama adalah mensyukurinya. Sebab tidak semua manusia yang lahir di dunia ini, dalam keadaan muslim (bergama Islam). Dan Allah takdirkan, Allah pilih kita sebagai manusia muslim.

Kemudian, kelahiran kita yang tanpa disertai ilmu agama kita sendiri, hendaknya menjadi dasar kita untuk segera sadar bahwa kita harus mencari ilmu agama. Seorang manusia yang lahir tidak bisa langsung tahu syariat agama.

Di antara yang wajib kita ketahui atau ilmui adalah tauhid. Yakni bagaimana kita meng-esakan Allah dalam peribadatan kita. Sehingga dalam ibadah yang kita tegakkan, kita tidak menyekutukan niat dan tujuan ibadah kita tersebut.

Kemudian ilmu yang berkaitan dengan kewajiban diri atau yang Allah bebankan pada setiap orang dari kaum muslimin. Ilmu ini meliputi seperti shalat, puasa, zakat, dan berhaji. Dan semua sumber Ilmu tersebut adalah Kitabullah dan Sunnah Rasulullah shalalallahu alaihi wasallam. Karena Kitabullah adalah firman Allah Rabbul Alamin, dan Assunnah adalah bimbingan Rasul Allah di muka bumi.

Bangkitlah saudaraku. Datangi ahli ilmu dan majelis ilmu. Jangan kita terlena oleh dunia sehingga kita berpaling dari agama. Ilmu lah yang akan menyelamatkan kita di dunia dan di akhirat. Sebab ilmu akan membimbing hidup kita, dan buah dari ilmu akan kita panen di akhirat kelak.

Semoga Allah memberkahi kaum muslimin seluruhnya. [*]

Komentar

Embed Widget
x