Find and Follow Us

Minggu, 25 Agustus 2019 | 16:54 WIB

Viral: Mengajari Anak Berbohong!

Oleh : Ustadz Afifuddin Rohaly, MM | Senin, 22 Juli 2019 | 02:02 WIB
Viral: Mengajari Anak Berbohong!
(Ilustrasi)

NABI Muhammad shalallahu alaihi wasallam bersabda, "Barangsiapa yang berkata kepada anak kecil, Kemarilah, saya akan memberimu sesuatu, lalu ia tidak memberinya, maka itu adalah sebuah kebohongan,". (HR. Ahmad)

Beberapa hari yang lalu viral sebuah foto yang menampakkan seorang anak kecil bangun tidur dalam keadaan sekitar mata yang menghitam karena diberi warna oleh orangtuanya. Sontak anak tersebut menangis bersedih dan ketakutan dengan keadaannya. Dan lihatlah betapa itu merupakan kesedihan dan ketakutan seorang anak yang masih polos.

Orangtuanya membuat demikian karena kesal sebab ulah si anak yang gemar bermain gawai tak kenal waktu. Akhirnya dengan ancaman mata yang menghitam, anaknya takut bermain gawai.

Saudaraku, ketahuilah, berdusta adalah perbuatan dosa. Setan sangat gemar berdusta. Tentu kita tidak akan melakukan hal tersebut. Apalagi kepada anak kecil yang masih polos. Disamping berdusta adalah terlarang oleh Allah dan Rasul-Nya, akibat fatal yang akan diterima adalah anak akan meragukan kebenaran.

Anak pun akan belajar dan menilai bahwa bohong adalah bukan hal yang dilarang. Sehingga pada saatnya bila ia berbohong, ia akan menganggap hal tersebut adalah lumrah.

Nabi shalallahu alaihi wasallam bersabda, "Aku akan memberikan jaminan sebuah rumah di pinggir surga bagi orang yang meninggalkan perdebatan sekalipun ia benar, dan rumah di tengah surga bagi orang yang meninggalkan dusta sekalipun ia bercanda, serta rumah di bagian atas surga bagi orang yang berakhlak bagus,". (HR. Abu Dawud). [*]

Komentar

x