Find and Follow Us

Minggu, 25 Agustus 2019 | 17:10 WIB

Sebelum Malaikat Menutup Catatannya

Oleh : Ustadz Afifuddin Rohaly MM | Jumat, 19 Juli 2019 | 02:02 WIB
Sebelum Malaikat Menutup Catatannya
(Ilustrasi)

DARI Abu Hurairah radliyallahu anhu, Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda, "Apabila Hari Jumat tiba, maka akan ada para malaikat di setiap pintu-pintu masjid. Mereka akan mencatat setiap orang yang datang dari yang pertama, lalu berikutnya dan berikutnya. Hingga ketika Imam telah naik mimbarnya para malaikat pun menutup catatan-catatannya, lalu mereka ikut mendengarkan khutbah,". (HR. Bukhari)

Ibnu Hajar al Asqalani rahimahullah menjelaskan hadits di atas, beliau berkata, "Yang dimaksud malaikat menutup catatan ketika khatib naik mimbar adalah catatan berkaitan dengan keutamaan bersegera menuju shalat Jumat. Dan bukan catatan amal lainnya. Sementara amal mendengarkan khutbah, melaksanakan shalat, dzikir, berdoa, khusyu ketika ibadah atau semacamnya, semuanya dicatat oleh dua malaikat pencatat amal,".

Bahwa datang lebih awal dalam shalat Jumat sebelum imam atau khatib naik mimbar untuk berkhutbah, maka ia memiliki keutamaan di sisi Allah. Allah telah menciptakan malaikat yang memiliki tugas khusus untuk ada pada tiap pintu masjid dan mencatat orang yang hadir Jumatan sebelum khutbah dimulai.

Setelah imam atau khatib menaiki mimbar untuk berkhutbah, maka malaikat menutup catatannya dan mengikuti khutbah imam. Alhasil, kita tidak memiliki keutamaan dicatatnya nama kita di catatan malaikat yang memang Allah ciptakan dan tugaskan untuk hal tersebut.

Maka diantara sekian banyak keutamaan shalat Jumat, mari berusaha bersegera menyambutnya dengan mendatangi masjid sebelum khatib naik mimbar.

Allahu Alam.

Komentar

x