Find and Follow Us

Senin, 23 September 2019 | 07:51 WIB

Jangan Lengah di Bulan Ini

Oleh : Ustadz Afifuddin Rohaly MM | Selasa, 9 Juli 2019 | 02:02 WIB
Jangan Lengah di Bulan Ini
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

DZULQADAH adalah satu dari empat bulan Haram dalam Islam. Posisi Dzulqadah sendiri adalah bulan Haram pertama yang posisinya tiga bulan berturut-turut. Yakni Dzulqadah, Dzulhijjah, Muharram. Ketiganya adalah bulan Haram yang berturut-turut.

Seluruh bulan Haram adalah mulia. Salah satu keutamaannya adalah dilipatgandakannya balasan pahala dan dosa bagi pelakunya. Jadi, tidak hanya amal kebajikan yang dilipatgandakan pahalanya, namun juga dosa yang berlipat bila maksiat dilakukan di bulan Haram.

Allah Azza Wa Jalla berfirman, "Maka janganlah kalian menganiaya diri kalian dalam bulan (haram) yang empat itu". (QS. At Taubah: 36).

Abdullah bin Abbas menafsirkan, "Janganlah kalian menganiaya diri kalian dalam seluruh bulan. Kemudian Allah mengkhususkan empat bulan sebagai bulan-bulan haram, dan Allah juga mengagungkan kemuliannya. Allah juga menjadikan perbuatan dosa yang dilakukan di dalamnya lebih besar. Demikian pula Allah menjadikan amalan shalih dan ganjaran yang didapatkan di dalamnya lebih besar pula".

Beribadah (termasuk menghindari diri dari perbuatan keji dan mungkar) di bulan ini jauh lebih berat dari pada di bulan Ramadhan. Karena suasananya jauh berbeda. Di Bulan Ramadhan lingkungan sangat kondusif untuk beribadah. Namun di bulan haram, tidak nampak kondusifitas untuk beribadah. Bulan haram layaknya bulan tanpa keutamaan.

Tidak adanya ibadah khusus di bulan Dzulqadah yang dicontohkan Nabi shalallahu alaihi wasallam juga membuat orang seakan melupakan bulan ini.

Hanya orang yang memahami hal ini yang bisa memanfaatkan Dzulqa'dah. Semoga Allah memberi hidayah kepada kita semua. [*]

Komentar

Embed Widget
x