Find and Follow Us

Kamis, 18 Juli 2019 | 07:27 WIB

Niat Tercela Penuntut Ilmu

Oleh : Ustadz Afifuddin Rohaly MM | Jumat, 5 Juli 2019 | 02:02 WIB
Niat Tercela Penuntut Ilmu
(Foto: Ilustrasi)

KAAB bin Malik radliyallahu anhu berkata bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda, "Barangsiapa yang menuntut ilmu untuk menandingi ulama, atau mendebat orang-orang bodoh, atau memalingkan pandangan-padangan manusia kepadanya, maka Allah akan memasukkannya ke neraka,". (HR. Tirmidzi)

Hadits di atas jelas dan gamblang berisi ancaman keras Rasulullah shalallahu alaihi wasallam kepada para penuntut ilmu berkaitan dengan niat mereka. Hadits di atas menunjukkan pula bahwa ada orang-orang yang menuntut ilmu dengan tidak ikhlas.

Mereka yang tidak ikhlas dalam menuntut ilmu bisa jadi karena mereka menginginkan dengan ilmunya mereka bisa menandingi ulama. Mereka ingin membuat majlis ilmu untuk menandingi majlis ilmu ulama. Atau mereka membuat rekaman yang isinya menandingi ulama. Atau mereka akan menulis buku untuk menandingi ulama.

Ada pula mereka yang menuntut ilmu agar dapat mendebat orang-orang bodoh. Semestinya kewajiban seorang ahli ilmu terhadap orang jahil adalah memberi tahu ilmu dan mengarahkan mereka kepada kebenaran. Dan meninggalkan mereka bila mereka mendebat.

Satu golongan lain yang menuntut ilmu dengan niat tidak ikhlas, adalah mereka yang mencari popularitas dengan ilmunya. Mereka menginginkan manusia berpaling kepadanya karena ilmu yang dimilikinya. Mereka merasa paling pandai diantara ulama yang lain.

Semua niat yang mendasari seseorang menuntut ilmu sebagaimana penjelasan di atas, maka balasan bagi mereka adalah neraka.

Allahu Alam

Komentar

Embed Widget
x