Find and Follow Us

Kamis, 18 Juli 2019 | 07:31 WIB

Buah Ikhlas dalam Menuntut Ilmu

Oleh : Ustadz Afifuddin Rohaly, MM | Kamis, 4 Juli 2019 | 00:06 WIB
Buah Ikhlas dalam Menuntut Ilmu
(Foto: Ilustrasi)

BARANGSIAPA yang menuntut ilmu dengan ikhlas, maka ia akan memberikan manfaat kepada hamba-hamba Allah melalui ilmunya tersebut. Ilmunya pun dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri.

Kutipan di atas adalah perkataan Ibrahim bin Adham. Dengan menghadirkan ikhlas dalam menuntut ilmu, maka pemahaman atas ilmu akan lebih mudah diterima. Begitu juga semangat dalam hal mengamalkan ilmu tersebut akan dimudahkan oleh Allah. Maka ini adalah manfaat yang akan dipetik olehnya lantaran keikhlasan dalam menuntut ilmu.

Manfaat ilmu juga hanya dapat dirasakan oleh orang lain di sekitar, apabila seseorang benar dalam niatnya ketika menuntut ilmu. Kefasihan dan kelancaran dalam mendakwahkan ilmu tersebut akan menjadi ganjaran Allah di dunia. Sehingga manusia pun akan menerima manfaat dari perbendaharaan ilmunya.

Begitulah rangkaiannya. Niat ikhlas seseorang dalam menuntut ilmu akan membuahkan ilmu yang bermanfaat baginya. Ia pun bisa beribadah dan beramal shalih sesuai dengan ilmu yang ia telah peroleh. Dan ini sebuah anugerah Allah yang sangat besar. Sebab dengan tegaknya ilmu dalam ibadah dan amal shalihnya, maka ia tidak tergelincir ke dalam bidah.

Keikhlasan ketika menuntut ilmu pun masih Allah ganjar dengan bermanfaatnya ilmu untuk orang lain. Allah mudahkan ia dalam berdakwah, menyeru keluarga dan tetangganya untuk bertaqwa kepada Allah. Sehingga ada sebagian yang ia seru mendapatkan hidayah Allah melalui dirinya. Ini pun anugerah Allahyang sangat besar.

Allahu Alam.

Komentar

Embed Widget
x