Find and Follow Us

Kamis, 18 Juli 2019 | 08:04 WIB

Jadilah Manusia Berkarakter Bagai Air

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Selasa, 2 Juli 2019 | 00:03 WIB
Jadilah Manusia Berkarakter Bagai Air
(Foto: Ilustrasi)

BULAN ini saya berkali-kali harus menyeberangi lautan menuju pulau-pulau kecil untuk menyapa masyarakat kepulauan. Air laut tetap saja menampakkan wajahnya yang alami. Ia tak mengeluh walau di atasnya diberikan beban berat memikul perahu kecil sampai perahu besar bahkan juga kapal yang memuat berton-ton bahan kebutuhan manusia. Air laut tak mengeluh. Ia tetap tenang dalam memikul takdirnya. Andai kita bisa sesabar lautan.

Walau terus saja memanggul tugas berat, di dalam air laut ada berbagai jenis ikan yang menghibur dan bermanfaat sebagai makanan bergizi bagi manusia. Lebih jauh lagi, perut lautan menyimpan banyak mutiara nan indah dan mahal. Alangkah indahnya andaikan kita bisa seperti air lautan yang di kedalaman hati selalu berisikan niat baik, cinta dan kasih sayang yang indah dan berharga mahal.

Selain air laut, ada pula air hujan yang sering ditunggu kehadirannya untuk memancing tanah mengeluarkan aroma khasnya. Air hujan itu mampu menghidupkan tanah mati yang kering kerontang. Andai kita menjadi bagai air hujan yang mampu memotivasi dan menginspirasi orang lain, yang mampu membuat orang lain tersenyum bahagia dan mampu menghidupkan asa yang sudah lama mati diterkam ketakpastian.

Air danau adalah potret kedamaian, kesejukan dan keindahan. Duduk di samping danau adalah sebuah impian para pencari bahagia hati. Airnya tenang, berwarna sejuk jernih dan memberikan kesempatan para ikan menunjukkan keindahan tariannya. Andai kita bisa bagai air danau yang menjadi rujukan para manusia yang mencari tenang dari masalah yang dideranya, betapa bahagianya.

Sudahkah kita menjadi bagai air? Ataukah kita bagai api yang membakar apa saja, bergejolak terus dengan penuh kesombongan? Ah, ku yakin semua saudara dan sahabatku adalah air yang menyejukkan yang tulus ikhlas dalam hubungan saling menguntungkan. Salam, AIM. [*]

Komentar

Embed Widget
x