Find and Follow Us

Selasa, 23 Juli 2019 | 22:28 WIB

Amalan Lenyap di Akhirat karena Mencari Dunia saja

Selasa, 25 Juni 2019 | 12:00 WIB
Amalan Lenyap di Akhirat karena Mencari Dunia saja
(Foto: ilustrasi)

ALLAH Taala berfirman, "Dan barangsiapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah mumin, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalasi dengan baik." (QS. Al Israa: 19)

Orang-orang seperti ini juga dikatakan: "lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan". Ini semua dikarenakan mereka dahulu di dunia beramal tidak ikhlas untuk mengharapkan wajah Allah sehingga ketika di akhirat, sia-sialah amalan mereka. (Lihat penjelasan ayat ini di Iaanatul Mustafid, 2/92-93)

Sungguh betapa banyak orang yang melaksanakan shalat malam, puasa sunnah dan banyak sedekah, namun itu semua dilakukan hanya bertujuan untuk menggapai kekayaan dunia, memperlancar rizki, umur panjang, dan lain sebagainya. Ibnu Abbas radhiyallahu anhu- menafsirkan surat Hud ayat 15-16. Beliau radhiyallahu anhu- mengatakan, "Sesungguhnya orang yang riya, mereka hanya ingin memperoleh balasan kebaikan yang telah mereka lakukan, namun mereka minta segera dibalas di dunia."

Ibnu Abbas juga mengatakan, "Barangsiapa yang melakukan amalan puasa, shalat atau shalat malam namun hanya ingin mengharapkan dunia, maka balasan dari Allah: "Allah akan memberikan baginya dunia yang dia cari-cari. Namun amalannya akan sia-sia (lenyap) di akhirat nanti karena mereka hanya ingin mencari dunia. Di akhirat, mereka juga akan termasuk orang-orang yang merugi"." Perkataan yang sama dengan Ibnu Abbas ini juga dikatakan oleh Mujahid, Adh Dhohak dan selainnya.

Qotadah mengatakan, "Barangsiapa yang dunia adalah tujuannya, dunia yang selalu dia cari-cari dengan amalan sholehnya, maka Allah akan memberikan kebaikan kepadanya di dunia. Namun ketika di akhirat, dia tidak akan memperoleh kebaikan apa-apa sebagai balasan untuknya. Adapun seorang mukmin yang ikhlas dalam beribadah (yang hanya ingin mengharapkan wajah Allah), dia akan mendapatkan balasan di dunia juga dia akan mendapatkan balasan di akhirat." (Lihat Tafsir Al Quran Al Azhim, tafsir surat Hud ayat 15-16)

[baca lanjutan]

Komentar

x