Find and Follow Us

Kamis, 19 September 2019 | 00:44 WIB

Perbaikan Kehidupan Muslim Hui Tiongkok Abad 20

Rabu, 19 Juni 2019 | 16:00 WIB
Perbaikan Kehidupan Muslim Hui Tiongkok Abad 20
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

DILANSIR dari alif.id, setelah tahun 1949, pemerintah China melakukan kebijakan otonomi etnis daerah di Hui. Karena Hui punya sifat berbeda di tiap-tiap daerah maka otonomi mengambil berbagai bentuk. Daerah Otonomi Hui Ningxia, Propinsi Linxia, Propinsi Changji.

Sebaliknya, Prefektur Otonomi Hui ada di Provinsi Gansu dan Daerah Otonomi Xinjiang Uygur. Juga ada enam kabupaten otonomi Hui didirikan di Zhangjiachuan, Gansu, Menyuan dan Hualong, Qinghai, Yanqi di Daerah Otonomi Uygur Xinjiang, Dachang dan Mengcun dari Provinsi Hebei.

Selain itu, ada tiga daerah otonom lain secara bersama-sama dibentuk oleh Hui dengan orang-orang dari kelompok etnis minoritas. Hak atas kesetaraan dan otonomi etnis direalisasikan pada orang- orang Hui.

Pejabat dari etnis Hui menempati badan-badan pemerintahan otonomi di semua tingkatan. Posisi penting atau pejabat teras di berbagai departemen eksekutif dan badan profesional. Penekanan Pelatihan eksekutif, profesional, dan personel kantor Hui dalam pekerjaan politis progresif.

Semua pejabat, eksekutif, dan profesional Hui bekerja untuk kemajuan industri, pertanian, peternakan, budaya dan pendidikan. Perhatian yang cukup besar diberikan pada daerah otonom Hui dalam pembangunan, modal dan tenaga kerja, sumber daya material, dan teknologi.

Hui hidup tersebar di seluruh negeri memiliki hak sama menciptakan kesetaraan etnis. Identitas mereka sebagai anggota kelompok etnis dihormati. Status politik rakyat Hui ditingkatkan. Perwakilan terpilih dari Huis mengambil bagian dalam Kongres Rakyat Nasional. Kongres Rakyat di tingkat bawah juga memiliki representasi Hui. pejabat Hui bekerja di departemen pemerintah di tingkat pusat dan daerah.

Mayoritas Huis beriman pada Allah dan ajaran Islam. Agama dan adat istiadat mereka dihormati dan dilindungi. Pasca Revolusi Kebudayaan (1966-1976), sebuah bencana politik yang mengerikan, yang menghancurkan budaya, pendidikan, tradisi, dan agama di Tiongkok, terutama sejak 1979, kebijakan perlindungan pada etnis minoritas dan pada agama dipulihkan kembali.

Di Daerah Otonomi Ningxia Hui dan di seluruh propinsi, pada bulan Mei 1984, 1.400 masjid dipugar kembali dan dibuka kembali. Umat Islam di seluruh wilayah otonom membuka kembali kegiatan keagamaan mereka. Lembaga studi kitab suci Islam didirikan pada tahun 1982. Sebuah lembaga penelitian Islam didirikan untuk kegiatan akademik dan penelitian.

Banyak Hui muda mempelajari Islam klasik dalam bahasa Arab. Tokoh-tokoh patriotik dari kalangan Islam menghadiri Sidang Majelis Permusyawaratan Rakyat. mereka mengambil posisi terdepan dalam pemerintahan.

Bagi pemerintah sosialis China, atau dalam kaca mata pemerintah China, kondisi sosial dan ekonomi orang Hui mengalami perubahan dalam tiga dekade terakhir. Reformasi Demokrat pada awal 1950-an dan transformasi sosialis mengakhiri sistem penindasan kelas dalam jajaran Hui, mereka bergandengan dengan kelompok etnis Cina lain memulai sosialisme.

Daerah Otonomi Ningxia Hui memiliki industri modern, meliputi batu bara, listrik, mesin, metalurgi, bahan kimia, industri ringan, perminyakan dan elektronik. Produksi industri dan pertanian di kawasan ini meningkat sejak 1979.

Produksi dan mata pencaharian Hui di pedesaan meningkat. Kemajuan besar dibuat dalam pertanian, konstruksi pekerjaan pemeliharaan air dan pertanian mekanis. Mereka juga memerangi kekeringan, genangan air, salinisasi tanah dan erosi dan pasir perambahan lahan pertanian serta sebagai bencana alam.

Di Wilayah Otonomi Ningxia Hui dan Linxia Prefektur Otonomi Hui, Provinsi Gansu, lahan pertanian irigasi meningkat hasil dari proyek pengendalian air di Qingtong dan Liujia Gorges di hulu Sungai Kuning dan rangkaian waduk dan kanal irigasi. Lahan-lahan cocok untuk traktor, irigasi, dan drainase muncul di beberapa tempat, berfungsi sebagai fondasi pembangunan basis produksi komoditas biji-bijian.

Untuk memperbaiki situasi di daerah Gunung Liupan yang dilanda kekurangan air hampir setiap tahun, pemerintah pusat mengalokasikan dana pembangunan proyek pemompaan, yaitu di Tongxin , Guyuan dan Haiyuan dan mengambil air dari Sungai Kuning.

Selangkah demi selangkah tanah kering kuno. Proyek-proyek ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah air minum dan air irigasi masyarakat Hui dan Han.

Mekanisasi pertanian berkembang di desa-desa Hui, metode pertanian dan teknik budidaya juga mengalami peningkatan. Orang- orang Hui di Ningxia mengumpulkan pengalaman penghijauan melawan penggundulan hutan.

Pada tahun 1978, pemerintah pusat membangun Hutan lindung skala besar membentang sepanjang wilayah otonom. Sabuk hutan, membantu mengendalikan pasir dan mengubah iklim dan kondisi alam Ningxia.

Sejak berdirinya Republik Rakyat 1949, orang Hui mendapatkan pendidikan dasar yang sama. Di daerah Hui, orang-orang Hui mendirikan sekolah dasar dan menengah mereka sendiri.

Mereka juga memiliki profesor, insinyur, dokter, ilmuwan, penulis, seniman. Pada tahun 1958 perguruan tinggi pertama didirikan di daerah otonom. Saat ini, orang-orang Hui belajar di Ningxia University, Ningxia Medical College dan Ningxia Institute of Agronomy. Daerah otonom Hui di Ningxia itu memiliki ribuan sekolah umum di berbagai tingkatan.

Belenggu dan kekangan pada perempuan Hui selama berabad-abad terhapus karena meningkatnya pendidikan. Sekolah menengah dan utama perempuan didirikan di beberapa daerah Hui. Banyak perempuan Hui memperoleh pendidikan. Banyak dari mereka memiliki keterampilan. Banyak lagi birokrat, aktris, dokter, guru, dan insinyur.

Aktivitas-aktivitas kesusasteraan, kesenian dan olahraga menyebar di antara kaum Hui. muncul seniman dan olahragawan hebat. para perajin Hui memproduksi kerajinan tangan tradisional seperti gading ukiran, cloisonne, sulaman suzhou, batu bata berukir dan karpet indah.

Instansi kesehatan publik banyak didirikan di daerah-daerah Hui. Pemerintah banyak melatih dan mendukung tenaga-tenaga medis Hui. Di kota-kota besar seperti Beijing dan Tianjin, ada banyak orang Hui, didirikan rumah sakit khusus orang Hui. Tim pemerintah diorganisir untuk mengunjungi daerah-daerah Hui di pedesaan dan pegunungan. Banyak penyakit epidemi lokal diatasi. peningkatan taraf hidup ekonomi dan budaya di antara Hui turut meningkatkan tingkat kesehatan mereka. [*]

Komentar

Embed Widget
x