Find and Follow Us

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 10:20 WIB

Alasan Masih Dibahasnya Perbudakan oleh Ulama

Rabu, 22 Mei 2019 | 13:00 WIB
Alasan Masih Dibahasnya Perbudakan oleh Ulama
(Foto: Ilustrasi)

MENGAPA pembahasan tentang perbudakan tetap disinggung, padahal perbudakan sudah tidak ada?

Ada beberapa alasan untuk menjawab ini:

  • [1] Perbudakan tidak dihapuskan selamanya, hanya saja di zaman sekarang, masyarakat telah menghilangkannnya. Namun ini tidak berlaku selamanya, karena kelak di akhir zaman akan ada lagi perbudakan.
  • [2] Hukum syariat tentang perbudakan selalu berlaku, meskipun kejadiannya tidak ada. Karena hukum tidak ditinggalkan, sekalipun penerapannya tidak ada.
  • [3] Manusia dibolehkan mempelajari suatu hukum, meskipun dia belum mampu mempraktekkannya. Seperti orang yang miskin, dia boleh belajar fiqh zakat, sedekah atau haji, sekalipun dia sendiri belum bisa mengamalkannya.

Karena kebenaran harus selalu dijaga dan dirawat, sekalipun tidak ada orang yang mempraktekkannya. Bentuk merawat dan menjaga kebenaran adalah dengan menuliskannya atau membahasnya.

As-Suyuthi menukil dialog antara Al-Buwaiti dengan Imam as-Syafii. Al-Buwaiti salah satu muridnya Imam as-Syafii pernah bertanya kepada gurunya,

.

Mengapa anda sangat perhatian untuk menulis kitab-kitab dan makalah. Sementara masyarakat tidak ada yang mempedulikan kitabmua atau makalahmu?

Jawab Imam as-Syafii,

.

Wahai muridku, sesungguhnya ilmu ini adalah kebenaran, dan kebenaran tidak boleh dibiarkan. (at-Tarif bi Adab at-Taklif, hlm. 72).

Demikian, Allahu alam. [Ustadz Ammi Nur Baits]

Komentar

x