Find and Follow Us

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 19:06 WIB

Ketika Malaikat Membedah dan Menyucikan Hati Rasul

Sabtu, 18 Mei 2019 | 18:00 WIB
Ketika Malaikat Membedah dan Menyucikan Hati Rasul
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

NABI Muhammad shallallahu alaihi wa sallam pernah menggembala kambing bersama saudara susuannya di perkampungan Bani Saad, lalu ketika itu malaikat datang dan membelah dada beliau. Dalam hadits disebutkan,

"Ketika aku sedang berada di belakang rumah bersama saudaraku (saudara angkat) menggembalakan anak kambing, tiba-tiba aku didatangi dua orang lelakimereka mengenakan baju putihdengan membawa baskom yang terbuat dari emas penuh dengan es. Kedua orang itu menangkapku, lalu membedah perutku. Keduanya mengeluarkan hatiku dan membedahnya, lalu mereka mengeluarkan gumpalan hitam darinya dan membuangnya. Kemudian keduanya membersihkan dan menyucikan hatiku dengan air itu sampai bersih." (Lihat Shahih As-Sirah An-Nabawiyah karya Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani, hlm. 16.)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Tidak ada Nabi kecuali pernah menjadi penggembala kambing." Mereka para sahabat bertanya, "Apakah engkau juga wahai Rasulullah?" Beliau berkata, "Iya, saya telah menggembala dengan imbalan beberapa qirath (mata uang dinar, pen.) dari penduduk Mekah." (HR. Bukhari, no. 2262)

Nabi lain yang menjadi penggembala kambing adalah Nabi Musa alaihis salam sebagaimana disebutkan dalam ayat, "Musa berkata, "Ini adalah tongkatku. Aku bertelekan padanya, dan aku pukul (daun) dengannya untuk kambingku, dan bagiku ada lagi keperluan yang lain padanya." (QS. Thaha: 18)

[baca lanjutan]

Komentar

Embed Widget
x