Find and Follow Us

Kamis, 23 Mei 2019 | 11:50 WIB

Bersungguh-sungguh di Bulan Ramadhan

Oleh : Quraniy | Jumat, 17 Mei 2019 | 02:02 WIB
Bersungguh-sungguh di Bulan Ramadhan
(Foto: Ilustrasi)

BILA orang berpuasa tidak lagi mampu memilah atau mengidentifikasikan mana yang lebih berguna, maka sungguh ia bukan orang cerdas. Ia telah menyia-nyiakan bulan Ramadhan. Padahal bulan Ramadhan berbeda dengan bulan lainnya. Seluruh amalan shaleh di bulan ini dilipatgandakan pahalanya oleh Allah.

Jangan sampai puasa hanya sebatas lahiriah saja. Sebatas sesuai dengan yang dibahas oleh fikih puasa. Ia menahan lapar dan dahaga dari fajar shodiq hingga maghrib menjelang. Ia isi hari-hari Ramadhan hanya dengan begitu: menahan lapar dan dahaga. Ia lewatkan sepanjang waktu di bulan Ramadhan tanpa ibadah lainnya.

Aisyah menceritakan bagiamana kondisi Nabi shalallahu alaihi wasallam telah menjiwai puasa Ramadhan. Dahulu Nabi shalallahu alaihi wasallam adalah orang yang paling dermawan, paling ringan dalam membantu orang lain. Dan puncak kedermawanan beliau shalallahu alaihi wasallam terjadi pada Bulan Ramadhan. Dan pada malam harinya beliau disamping menghidupkan malam dengan tarawih, bersama Jibril alaihissalam saling memperdengarkan Al Quran.

Begitu pula kita dapati dalam sejarah kehidupan pada sahabat dan orang shalih terdahulu, bagaimana mereka memanfaatkan Bulan Ramadhan dengan beramal shaleh. Bahkan tidak hanya sekadar mengamalkan amal shaleh, namun mereka gigih. Atau bahkan hingga mereka berperang/berjihad dalam kondisi berpuasa. Keadaan mereka yang berpuasa, tidak menyurutkan dalam beramal, justru mereka semakin bersemangat.

Kini Ramadhan telah berlalu beberapa hari, dan menyisakan beberapa hari pula. Maka mari memohon ampunan Allah atas kelalaian kita dalam memanfaatkan Ramadhan. Kita mohon pada Allah agar Ramadhan yang tersisa untuk kita, dapat kita isi dengan beragam amal shalih, dan dapat pula kita lebih menahan hawa nafsu selama Ramadhan ini. Semoga Allah anugerahkan ampunan dan ketakwaan untuk kita di akhir Ramadhan.

Allahu Alam.

Komentar

Embed Widget
x