Find and Follow Us

Kamis, 23 Mei 2019 | 12:26 WIB

Mewaspadai Bulan Ramadhan

Oleh : Quraniy | Kamis, 16 Mei 2019 | 02:02 WIB
Mewaspadai Bulan Ramadhan
(Istimewa)

RAMADHAN memiliki banyak keistimewaan. Banyak keutamaan. Hampir semua mimbar ceramah agama pada masa ini menjadi tempat penceramah mengulas keistimewaan Ramadhan. Di masjid selepas shalat wajib, juga di televisi menjelang berbuka, hampir semua ceramah agama mengingatkan akan berlimpahnya keutamaan Ramadhan sebagai berkah dari Allah.

Namun, ada sisi lain dari Ramadhan yang perlu kita wanti-wanti. Yakni tersebut dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Tirmidzi bahwa Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam mengaminkan doa Jibril alaihissalam. Di mana salah satu dari tiga doa Jibril yang diaminkan Nabi shalallahu alaihi wasallam adalah doa kecelakaan bagi orang yang menjumpai dan melalui Ramadhan namun ia tidak mendapatkan ampunan Allah pada akhir Ramadhan.

Seorang Nabi yang menyatakan celaka tentunya bukan main-main. Bagi kita awalnya tentu menyangka bahwa mereka yang didoakan celaka adalah mereka yang melakukan dosa besar. Namun kita dapati dari hadits ini adalah justru mereka yang menemui Ramadhan namun mereka tidak beristighfar, tidak meminta ampunan Allah, mereka tidak berpuasa, tidak shalat, mereka justru berbuat dosa seperti menggunjing orang lain, memaki orang lain, berbuat dzalim terhadap orang lain dan lain lain.

Apabila kita tidak all out dalam sebulan ini dalam melakukan kebaikan atau amal shaleh dan mengerem diri kita dari berbuat kejahatan atau maksiat, maka Ramadhan bisa menjadi bumerang bagi mereka yang tidak bisa memanfaatkan dengan baik.

Mari jalani sisa Ramadhan dengan memperbaiki diri dan semakin memaksimalkan tenaga yang ada untuk melakukan segala ibadah yang kita sanggupi dan meninggalkan apapun kemaksiatan. Semoga Allah anugerahkan ampunan dan ketakwaan kepada kita di akhir Ramadhan.

Allahu Alam.

Komentar

Embed Widget
x