Find and Follow Us

Kamis, 20 Juni 2019 | 12:35 WIB

Tercelanya Hizbiyyah

Oleh : Quraniy | Sabtu, 11 Mei 2019 | 02:02 WIB

Berita Terkait

Tercelanya Hizbiyyah
(Foto: ilustrasi)

ALLAH Azza Wa Jalla berfirman "Yaitu orang-orang yang memecah-belah agama mereka dan mereka menjadi beberapa golongan. Tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada golongan mereka," (QS. Ar rum: 32).

Hizbiyyah adalah sikap taashub (fanatik golongan) seseorang terhadap suatu tokoh, atau terhadap kelompoknya, atau golongannya, dalam akidah, pemikiran, dan perbuatan mereka yang bertentangan dengan kebenaran.

Seruan-seruan yang tidak bermuara pada seruan yang menyeru kepada persatuan di atas agama Allah, sebagaimana seruan yang menyeru kepada golongan, organisasi, suku sendiri/masing-masing, adalah seruan hizbiyyah. Seruan yang biasa dahulu digaungkan sebelum agama Islam datang. Seruan jahiliyyah

Para pemuka hizbi menyeru agar orang-orang bersatu di atas hizbinya. Bahwa hanya ajaran atau madzab hizbi nya yang benar. Di luar hizbi mereka adalah salah.

Orang-orang seperti ini tidak sholat melainkan di belakang Imam mereka dan di dalam mushola atau masjid mereka. Mereka tidak menikah, kecuali sesama mereka dan dinikahkan oleh mereka. Mereka mengatur agama ini berdasar nafsu dan semangat hizbiyyah mereka.

Jelas sikap dan perilaku mereka ini memecah belah agama. Padahal perpecahan tidak diperbolehkan. Kaum muslimin disatukan oleh Diinullah. Perpecahan tercela dan terlarang oleh Allah dan Rasulullah.

Wajib bagi kaum muslimin menyelisihi dan menjauh dari perpecahan dan hizbiyyah. Di atas Islam lah seluruh kaum muslimin bersatu dan disatukan. Bukan di atas amaliyah jahiliyah!

Kelak pada akhirnya yang Allah menangkan adalah kaum muslimin yang berpegang teguh dengan syariat Islam sesuai yang Nabi shalallaahu alaihi wasallam ajarkan dan para sahabat amalkan. Sedangkan semua hizbi yang ada akan rusak dan kalah.

Allahu A'lam

Komentar

Embed Widget
x