Find and Follow Us

Kamis, 23 Mei 2019 | 12:15 WIB

Setiap Jiwa Butuh Keadilan

Oleh : Quraniy | Selasa, 30 April 2019 | 03:03 WIB
Setiap Jiwa Butuh Keadilan
(Foto: Ilustrasi)

AKAL yang sehat dan jiwa yang lurus pasti meminta supaya keadilan ditegakkan. Sungguh tidak adil, jika kematian adalah akhir segalanya.

Setiap manusia berharap mendapat balasan kebaikan yang telah dia tebarkan di muka bumi ini. Seorang dokter yang berhasil menyelamatkan banyak nyawa, maka belum lunas piutang kebaikannya jika pun seseorang menyelamatkan nyawa sang dokter tersebut.

Begitu pun seorang pembunuh seribu nyawa manusia, sungguh hukuman sekali kematiannya bukanlah arti dari kata impas. penjahat ini harus merasakan seribu kematian atas dosanya. itulah sebenarnya keadilan.

"... (Dikatakan kepada mereka), "Bukankah Kami telah memanjangkan umurmu untuk dapat berpikir bagi orang yang mau berpikir, padahal telah datang kepadamu seorang pemberi peringatan? ..." (QS. Fathir: 37)

Maka tegaknya hari kiamat dan balasan surga adalah harapan bagi setiap jiwa yang baik. yaitu jiwa yang telah merintih menahan kesulitan hidup dan bersabar melalui penatnya cobaan yang silih berganti. Dan hukuman neraka merupakan harapan bagi setiap korban kejahatan yang belum mendapatkan keadilan.

Maka Allah dengan keadilan-Nya telah menetapkan tegaknya hari kiamat sebagai hari pembalasan. sehingga setiap makhluk mendapatkan ketenangan dari kepastian tersebut.

Saya beriman kepada Allah dan beriman kepada tegaknya hari kiamatberiman kepada ... "Pemilik hari pembalasan." (QS. Al Fatihah: 4). [*]

Komentar

Embed Widget
x