Find and Follow Us

Kamis, 20 Juni 2019 | 00:27 WIB

Pentingnya Bermusyawarah

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Selasa, 30 April 2019 | 01:11 WIB
Pentingnya Bermusyawarah
(Foto: Ilustrasi)

SAHABATKU yang baik, musyawarah disyariatkan dalam agama Islam untuk mewujudkan keadilan diantara manusia, dan juga untuk memilih perkara yang paling baik bagi mereka, sebagai perwujudan tujuan-tujuan syariat dan hukum-hukumnya. Dan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam gemar sekali bermusyawarah bersama para sahabatnya untuk mencari solusi bersama-sama.

Dalam salah satu riwayat mengatakan bahwa: Abu Hurairah berkata, "Saya tidak pernah melihat seseorang yang paling banyak bermusyawarah dengan para sahabatnya dibanding Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam." (HR. Tirmidzi)

Musyawarah ini adalah bagian dari agama Islam. Oleh karena itu setiap kali kita berjumpa dengan masalah salah satu kunci untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan bermusyawarah untuk menemukan solusi secara bersama-sama.

Semoga dengan sikap gemar bermusyawarah ini senantiasa membuat rasa persaudaraan kita bisa tetap terjaga dan hasil dari kemufakatannya bisa bermanfaat bagi kita dan orang lain . Aamiin Yaa Rabbal 'aalamiin. [*]

Komentar

Embed Widget
x