Find and Follow Us

Selasa, 23 Juli 2019 | 22:42 WIB

Memahami Babak Kehidupan, Inilah yang Diajarkan

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Kamis, 2 Mei 2019 | 00:03 WIB
Memahami Babak Kehidupan, Inilah yang Diajarkan
(Foto: Ilustrasi)

PADA suatu saat, kita akan bertemu dengan sebuah babak kehdupan di mana kita berhadapan dengan orang yang hanya berpikir tentang dirinya dan tak sedikitpun berpikir tentang kita walaupun kita telah mencurahkan perhatian untuknya.

Pada suatu saat nanti, kita akan bertemu dengan sebuah babak kehidupan di mana kita berhadapan dengan seseorang yang tega menipu kita padahal telah sekian lama kita tulus membantunya.

Pada suatu saat, kita pasti bertemu dengan sebuah babak kehidupan di mana kita berhadapan dengan orang yang membenci dan memusuhi kita walaupun kita telah memperlakukan mereka dengan penuh cinta dan persahabatan.

Tak usahlah terlalu dikeluhkan sampai menguras semua energi yang kita miliki. Sesungguhnya dalam babak-babak kehidupan tersebut Allah tengah mengajarkan kita bahwa tak semua yang kita lakukan itu terbalaskan dengan baik di dalam kehidupan dunia ini. Yakinlah bahwa dengan segala keadilanNya, Allah akan melipatgandakan balasan kebaikan yang kita lakukan, terlebih yang kita bungkus dengan kesabaran dan keridlaan.

Tak usahlah direspon dengan negatif. Biarkanlah kisah berlanjut apa adanya setelah kita berupaya dengan cara terbaik ditambah dengan doa yang terbaik. Pada saat itu, belajarlah untuk bangkit dan semakin yakin bahwa Allah bersama kita.

Tak usahlah terlaru larut dalam kesedihan. Sesungguhnya, melalui babakan-babakan seperti di atas itulah Allah mendidik hati kita untuk HANYA beegantung kepada Allah. Yang penting, yakinkan bahwa bukan kita yang egois, bukan kita yang menipu, bukan kita yang membenci dan memusuhi. Salam, AIM. [*]

Komentar

x