Find and Follow Us

Minggu, 26 Mei 2019 | 12:58 WIB

Apa yang Dilakukan Menjelang Bulan Ramadhan?

Oleh : Quraniy | Kamis, 25 April 2019 | 02:02 WIB
Apa yang Dilakukan Menjelang Bulan Ramadhan?
(Foto: ilustrasi)

BULAN Ramadhan adalah bulan yang istimewa untuk kaum mukminin. Pada bulan Ramadhan orang-orang yang beriman terdorong untuk melakukan berbagai amal ibadah yang Allah syariatkan.

Sepanjang pagi hingga sore mereka menahan diri dari lapar dan dahaga serta hal yang membatalkan puasa. Pada malam harinya, mereka hidupkan malam dengan rangkaian shalat taraweh dan membaca kitab suci Al Quran. Penghujung malam mereka bangun untuk melakukan makan sahur.

Lalu apa yang dilakukan menjelang Ramadhan yang kian dekat ini? Yang pertama adalah menyelesaikan utang puasa Ramadhan tahun lalu. Apabila masih ada, segera selesaikan jangan tunggu hari semakin dekat ke bulan Ramadhan.

Berikutnya, mencari ilmu tentang Ramadhan. Khususnya seputar puasa Ramadhan. Agar ibadah puasa kita sesuai sunnah Nabi. Juga ilmu tentang keutamaan ibadah lain pada bulan Ramadhan agar kita nanti lebih terpacu dalam mengamalkannya.

Persiapan lainnya adalah mempersiapkan diri dari sekarangan dengan berlatih memperbanyak amal shaleh. Amalan yang dapat kita lakukan dari sekarang misalnya dengan memperbanyak puasa sunnah di bulan Syaban ini. Di samping kita mendapat pahala, kita juga membuat iklim pada tubuh agar terbiasa menahan lapar dan dahaga.

Selain menyeringkan puasa sunnah di bulan Syaban, kita juga harus lebih menyeringkan membaca kitab suci Al Quran. Hal ini karena bulan Ramadhan adalah Syahrul Quran, bulan Al Quran. Maka jauh menyeringkan membaca Al Quran pada bulan Ramadhan adalah target habit yang harus kita wujudkan.

Hal lain yang harus kita ajari diri kita mulai sekarang adalah bersedekah. Nabi shalallahu alaihi wasallam adalah orang yang dermawan, dan sifat dermawan beliau lebih terlihat ketika bulan Ramadhan. Apabila kita melatih diri kita sering berderma dari sekarang, InsyaAllah pada bulan Ramadhan yang sebentar lagi tiba, kita akan menjadi lebih pemurah lagi.

Terakhir yang kita lakukan adalah berdoa. Memohon pada Allah agar Allah pertemukan kita dengan Ramadhan. Dan memohon kepada Allah kekuatan fisik dan keimanan agar kita bisa melalui Ramadhan dengan sukses dunia dan akhirat.

Allahu Alam.

Komentar

Embed Widget
x