Find and Follow Us

Minggu, 26 Mei 2019 | 12:24 WIB

Bersegera Menghadapi Puasa

Oleh : Quraniy | Selasa, 9 April 2019 | 05:00 WIB
Bersegera Menghadapi Puasa
(Foto: ilustrasi)

Alhamdulillah Wasshalatu Wassalamu Ala Rasulillah

RAMADHAN adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu kedatangannya oleh seluruh kaum muslimin. Ibarat tamu Ramadhan adalah tamu yang begitu dinanti-nantikan. Betapa tidak, bulan Ramadhan memiliki banyak keutamaan. Pada bulan ini segala amal ibadah mendapat pahala yang berlipat ganda dan hanya pada Ramadhan sajalah kita dapat menemui malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Ramadhan sebentar lagi, sekarang sudah memasuki awal bulan Syaban 1440 Hijriyah, siapa yang masih mempunyai utang puasa tahun lalu namun belum diganti atau diqadha? Setiap muslimin yang memiliki utang puasa, dia wajib menqadhanya sebelum datang Ramadhan berikutnya.

Allah Subhanahu wa taala memerintahkan agar bersegera dalam melakukan kebaikan."Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa." (QS. Ali Imran: 133).

Penyakit menunda-nunda adalah diantara penyebab tidak terlaksananya amalan tersebut. Meng-qadha puasa tentu harus segera dilakukan jangan ditunda lagi sebab waktu cepat berlalu, jangan sampai ketika waktu sudah mau habis baru tersadar ada hutang puasa yang belum dibayar.

Istri Rasulullah shallallahu alaihi menceritakan:"Dulu aku memiliki utang puasa Ramadhan, sementara aku tidak bisa mengqadhanya kecuali sampai bulan Syaban, karena sibuk melayani Rasulullahshallallahu alaihi wa sallam." (HR. Bukhari dan Muslim).

Mari bersegera dalam melakukan amalan sholih sebelum datang cobaan yang mengubah keadaan.Ketahuilah bahwa mengqadha puasa tidaklah wajib dilakukan secara berturut-turut harinya dan tidak mengapa apabila seorang muslim terkhususnya tidak langsung mengqadha puasanya setelah bulan Ramadhan berakhir. Namun, hendaklah dia melakukannya apabila tidak ada udzur yang menghalanginya.

Wallahu alam semoga bermanfaat.

Komentar

Embed Widget
x