Find and Follow Us

Kamis, 23 Mei 2019 | 11:45 WIB

Teladan Bagi yang Belum Punya Jodoh dan Pekerjaan

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Jumat, 5 April 2019 | 00:03 WIB
Teladan Bagi yang Belum Punya Jodoh dan Pekerjaan
(Foto: Ilustrasi)

COBALAH sesekali merenungkan kisah-kisah dalam al-Qur'an dengan lebih detail dan lebih serius, maka akan selalu saja ada nilai dan pelajaran serta teladan yang perlu kita tiru. Dalam al-Qur'an ada sebuah surat yang bernama surat al-Qashash, ada banyak kisah di sana. Salah satunya adalah kisah Nabi Musa yang ketika tiba di Madyan beliau itu tak punya rumah, tak punya pekerjaan dan tak punya keluarga, isteri. Apa yang dilakukan oleh Nabi Musa?

Saat tiba di Madyan itu, Nabi Musa melakukan amal kebaikan, yakni membantu atau menolong orang lain. Begitu tulus dan ikhlasnya Nabi Musa, setelah melakukan amal kebaikan itu beliau pergi menjauh dan berteduh di bawah pohon. Lalu beliau mengetuk pintu langit, memohon kepada Allah: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan (makanan) yang Engkau turunkan kepadaku." (QS. Al-Qasas 28: Ayat 24)

Sungguh tak lama dari saat beliau berdoa, Nabi Musa dipanggil oleh Nabi Syu'aib untuk dinikahkan dengan puterinya, diberikan pekerjaan dan disediakan rumah untuk ditempati. Lebih dari itu semua, hidup mulia dan bahagia digapainya sebagai anugerah besar dari Allah. Tak hendakkah kita meneladani apa yang dilakukan beliau?

Singkat kisah, jadikan tiga langkah berikut ini sebagai tahapan menggapai cita-cita kita. Pertama, lakukanlah kebaikan-kebaikan dalam bentuk apapun. Lakukanlah dengan tulus ikhlas. Kedua, setelah melakukan kebaikan-kebaikan itu, berdoalah kepada Allah, sampaikan hajat-hajatnya, ucapkan apa yang diucapkan oleh Nabi Musa di atas.

Ketiga, tawakkallah dan pasrahkanlah semua kepada Allah yang tak pernah lupa akan apa yang dilakukan hambaNya dan tak pernah tak tahu apa yang dibutuhkan hambaNya. Salam, AIM. [*]

Komentar

Embed Widget
x