Find and Follow Us

Jumat, 19 Juli 2019 | 02:49 WIB

Niat yang Menyertai Ketika Pergi ke Masjid

Selasa, 2 April 2019 | 02:02 WIB
Niat yang Menyertai Ketika Pergi ke Masjid
(Foto: ilustrasi)

BOLEH jadi dalam satu amalan pada diri seseorang terdapat beberapa niat (yang baik). Maka pada tiap niat yang ada tersebut, dia akan mendapatkan selain pahala beramal, dia akan mendapatkan pahala untuk tiap niatnya pada amal tersebut. Sebagaimana Nabi shalallahu alaihi wasallam sampaikan Innamal amalu binniyat sesungguhnya amal sesuai niatnya.

Misalnya, saat tiba jam istirahat kerja dan saat itu waktu zhalat dzuhur 10 menit lagi, kemudian kita beranjak dari tempat kerja untuk ke masjid dengan beragam niat (baik yang sesuai syariat), maka kita akan mendapatkan pahala dan juga pahala untuk tiap niatnya.

Niat utama kita adalah untuk menghadiri shalat jamaah di masjid. Hadir shalat jamaah di masjid akan mendapatkan pahala yang banyak. Tatkala pergi ke masjid untuk shalat dzuhur ini, kita bisa menggabungkan beberapa niat dalam amal ini, di antaranya untuk memakmurkan masjid sesuai firman Allah dalam surat At Taubah ayat 18. Dan niat ini tentunya berpahala untuk kita.

Niat yang lain adalah untuk memberikan sedekah berupa senyuman kepada sesama saudara muslim saat bertemu mereka di perjalanan menuju masjid. Dan niat ini pun tentu niat baik yang akan mendatangkan pahala untuk kita.

Berjalan ke masjid untuk shalat berjamaah di masjid juga bisa kita selipi dengan niat untuk menyebarkan salam kepada kaum muslimin yang kita jumpai di jalan. Menebar salam kepada orang yang kita kenal dan yang tidak, merupakan kebaikan dalam agama kita. Bahkan hal ini adalah anjuran Nabi shalallahu alaihi wasallam.

Dan niat baik lainnya yang bisa kita selipkan dalam hati kita untuk mendatangi masjid.

Allahu Alam. [*]

Komentar

x