Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 Maret 2019 | 02:58 WIB

Barang Siapa Memenuhi Ajakan-Nya akan Masuk Surga!

Jumat, 15 Maret 2019 | 17:00 WIB

Berita Terkait

Barang Siapa Memenuhi Ajakan-Nya akan Masuk Surga!
(Foto: Ilustrasi)

DIRIWAYATKAN dari Abdullah bin Masud radhiyallahu anhu berkata, "Selepas mengerjakan shalat Isya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berpaling dan meraih tangan Abdullah bin Masud lalu membawanya keluar hingga sampai di Baththaa Makkah (tanah lapang luas di kota Makkah). Beliau memerintahkannya duduk dan membatasinya dengan garis lalu bersabda, "Tetaplah engkau di garis itu, karena akan ada beberapa orang yang mendatangimu. Janganlah engkau ajak bicara karena mereka juga tidak akan mengajakmu bicara."

Lalu Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berangkat ke tempat yang beliau kehendaki. Abdullah bin Masud melanjutkan ceritanya, "Ketika aku duduk di garisku tersebut datanglah beberapa orang lelaki yang warna kulit dan rambutnya hitam seperti ter (aspal, ed.). Sampai-sampai aku tidak dapat melihat aurat dan kulit mereka. Mereka mendatangiku namun tidak melewati garis tersebut. Kemudian mereka pergi ke arah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pergi. Di akhir malam datanglah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menemuiku sementara aku masih tetap duduk di atas garisku.

Beliau bersabda, "Aku tidak tidur semalaman ini!" Beliau duduk bersamaku di garis tersebut kemudian menyandarkan kepalanya di pahaku lalu tidur. Beliau biasanya mendengkur kalau tidur. Ketika aku duduk dan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam tidur berbantalkan pahaku tiba-tiba datanglah beberapa orang lelaki yang mengenakan pakaian putih. Masya Allah, wajah mereka sangat tampan. Mereka mendatangiku. Sebagian dari mereka duduk di dekat kepala Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dan sebagian lagi dekat kaki beliau.

Kemudian mereka saling berbincang, "Belum pernah kita melihat seorang hamba diberi karunia seperti karunia yang diberikan kepada nabi ini, kedua matanya tertidur namun hatinya terjaga. Buatlah perumpamaan bagi dirinya! Perumpamaan seorang tuan yang membangun istana kemudian menyajikan hidangan lalu mengundang orang-orang untuk makan dan minum dari hidangan tersebut. Barang siapa yang memenuhi undangannya maka ia dapat makan dan minum dari hidangannya itu. Dan barang siapa yang tidak memenuhinya maka ia akan disiksa atau diazab." Kemudian mereka menghilang, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pun terbangun dan berkata, "Apakah engkau mendengar apa yang mereka katakana? Tahukah engkau engkau siapa mereka?"

"Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahuinya." Jawabku.
"Mereka adalah malaikat, lalu tahukah kamu perumpamaan yang mereka buat?" Tanya Rasul lagi.
"Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahuinya!" Jawabku.

Beliau berkata, "Perumpamaan yang mereka buat adalah Allah subhanahu wa taala menciptakan surga dan mengajak hamba-hamba-Nya kepadanya. Barang siapa memenuhi ajakan-Nya maka ia akan masuk ke dalam surga dan barang siapa tidak memenuhi ajakan-Nya maka ia akan disiksa atau diazab." [Sumber: Majalah Al-Ibar, edisi III]

Komentar

Embed Widget
x