Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 Maret 2019 | 02:59 WIB

Allah Murka kepada Orang yang Meninggalkan Doa

Oleh : Quraniy | Rabu, 27 Februari 2019 | 02:02 WIB

Berita Terkait

Allah Murka kepada Orang yang Meninggalkan Doa
(Foto: ilustrasi)

DOA merupakan ibadah yang mulia dalam agama kita. Orang berdoa menunjukkan bahwa dia berhajat pada Allah. Doa menunjukkan pula bahwa Allah tempat bergantung dan meminta. Semua makhluk bergantung pada Allah.

Sebagaimana ulama menjelaskan mengapa doa adalah ibadah yang mulia di sisi Allah dibanding yang lainnya, "Karena di dalam doa mengandung sikap perendahan diri seorang hamba kepada Allah, dan menunjukkan kuasanya Allah Subhanahu wa taala".

Disamping berdoa menunjukkan dua hal tersebut, dengan berdoa pula menunjukkan menghindarkan diri dari murka Allah Azza Wa Jalla.

Bersumber dari hadits bahwa Abu Hurairah radliyallahu anhu berkata bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda, "Barangsiapa yang tidak meminta kepada Allah, maka Allah akan memurkainya". (HR. Tirmidzi).

Al Hafiz Ibnu Hajar dalam kitab Fathul Barinya mengutip perkataan At Thaibi, "Makna hadits di atas yaitu barangsiapa yang tidak meminta kepada Allah, maka Allah akan murka, begitu juga sebaliknya, Allah sangat senang apabila diminta oleh hambaNya".

Imam At Thaibi juga mengatakan bawah Allah sangat senang tatkala dimintai karuniaNya, maka barangsiapa yang tidak berdoa kepada Allah, ia berhak atas murka Allah.

Menghindari dari murka Allah jelas merupakan keharusan. Maka apabila kita berdoa, disamping kita telah melakukan ibadah mulia, kita juga telah menghindari murka Allah. [*]

Komentar

Embed Widget
x