Find and Follow Us

Jumat, 24 Mei 2019 | 16:19 WIB

Anda diangkat Allah sebagai Pelayan bagi Umat

Minggu, 17 Februari 2019 | 18:00 WIB
Anda diangkat Allah sebagai Pelayan bagi Umat
(Foto: Ilustrasi)

TATKALA khilafah dipegang oleh Amirul Mukminin Muawiyah bin Abi Sufyan, Abu Muslim sering menghadiri majelisnya. Banyak peristiwa masyhur yang menunjukkan keagungan kedua orang ini beserta derajat serta adab yang diterapkan oleh mereka.

Pernah Abu Muslim mendatangi Muawiyah yang sedang duduk di tengah pertemuan. Beliau dikelilingi oleh para pejabat, panglima perang, dan tokoh-tokoh kaum. Beliau melihat betapa orang-orang menghormati dan menyanjung Muawiyah secara berlebihan. Beliau khawatir hal itu akan merusak keimanan Amirul Mukminin, sehingga didahuluinya memberi salam: "Assalamualaika ya ajiral (pelayan) mukminin." Spontan orang-orang menegurnya, "Katakanlah, Amirul Mukminin (pemimpin) mukminin."

Beliau tak mempedulikan tanggapan mereka dan bahkan mengulangi salamnya, "Assalamualaika ya ajiral mukminin." Orang-orang berkata, "Amirul Mukminin, wahai Abu Muslim." Beliau tetap pada pendiriannya berkata, "Assalamualaika ya ajiral mukminin."

Tatkala orang-orang mulai mengecamnya, beliau berkata, "Anda adalah orang yang diangkat Allah Subhanahu wa Taala sebagai pejabat bagi umat, seumpama orang yang disewa untuk mengurus ternak-ternaknya. Dia akan diberi upah besar, jika mengurus peternakan itu dengan baik dan rajin merawat sehingga yang kecil menjadi besar, yang kurus menjadi gemuk dan yang sakit menjadi sehat. Tetapi jika teledor, tidak mengurusnya dengan baik, sehingga ternak-ternak itu kurus kering lalu mati, susut hasil bulu dan susunya, maka dia tak akan diberi upah, bahkan akan menerima murka dan hukuman. Oleh karena itu Anda, wahai Muawiyah, boleh memilih mana yang baik bagi Anda dan lupa mana yang Anda kehendaki."

Khalifah duduk mendengarkan kemudian mengangkat kepala seraya berkata, "Semoga Allah membalas Anda dengan yang lebih baik atas perhatian Anda kepada kami dan juga rakyat. Kami mengenal Anda yang selalu memberikan nasihat karena Allah dan rasul-Nya dan bagi kebaikan kaum muslimin." [*]

Komentar

Embed Widget
x