Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 Maret 2019 | 02:44 WIB

Allah itu Dekat

Oleh : Quraniy | Kamis, 7 Februari 2019 | 02:02 WIB

Berita Terkait

Allah itu Dekat
(Foto: Ilustrasi)

KEDEKATAN Allah adalah pengawasan Allah terhadap seluruh makhluk-Nya. Tidak luput satu makhluk pun yang ada di langit dan bumi serta di antara keduanya, melainkan Allah mengetahui dan mengawasi mereka. Pengawasan Allah meliputi ruang dan waktu.

Kedekatan Allah juga adalah tentang pertolongan Allah. Kedekatan Allah seperti ini hanya diperoleh hambaNya yang shalih. Yakni orang beriman dan beramal shalih. Tidak semua hamba Allah mendapatkannya.

Orang-orang beriman mendekat kepada Allah dengan melakukan ketaatan kepada Allah, di antaranya beramal shalih. Kedekatan Allah dengan orang beriman, menjadikan doa-doa orang beriman dikabulkan Allah.

Allah Azza Wa Jalla berfirman, "Sesungguhnya Tuhanku amat dekat (rahmat-Nya) lagi memeperkenankan (doa hamba-Nya),". (Hud: 61).

"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang mendoa apabila ia berdoa kepada-Ku,". (Al-Baqarah: 186)

Ayat-ayat tersebut menjelaskan tentang kedekatan Allah terhadap hambaNya yang berdoa kepadaNya. Allah juga akan mengabulkan doa bagi yang berdoa. Ayat ini pula menjadi bantahan terhadap orang-orang yang masih menjadikan sesuatu selain Allah sebagai perantara dalam doa mereka. Mereka berdoa kepada Allah namun menggunakan perantara yang Allah dan NabiNya tak pernah memerintahkan atau mencontohkannya.

Bahkan perbuatan membuat perantara dalam berdoa tanpa ada perintah dan contoh yang shahih dari Nabi-Nya,dapat menjerumuskan pelakunya ke dalam kesyirikan. Sebenarnya mereka yang melakukan ini kebanyakan karena tidak paham. Mereka hanya ikut-ikutan.

Padahal Allah Subhanahu wa taala telah mengabarkan orang-orang seperti ini dalam firman-Nya dalam Al Quran surat Az Zumar ayat 3, "Dan orang-orang yang menjadikan selain Allah sebagai penolong mengatakan, Sesungguhnya kami tidak menyembah mereka, melainkan hanya supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya " (QS. Az-Zumar : 3).

Semoga Allah memberi hidayah kepada kita untuk menapaki agamaNya dengan benar. Sesuai sunnah Nabi-Nya. Dan semoga Allah mengabulkan setiap doa kita. [*]

Komentar

Embed Widget
x