Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 Februari 2019 | 10:48 WIB

Allah Menjamin Rezeki Kita

Oleh : Quraniy | Rabu, 6 Februari 2019 | 02:02 WIB

Berita Terkait

Allah Menjamin Rezeki Kita
(Foto: ilustrasi)

HAKIKATNYA Allah yang memberi rezeki kepada kita. Bukan atasan kita, bukan pemimpin kita, bukan bendahara, dan bukan pula usaha dan jerih payah kita. Itu semua hanya sarana. Itu bila definisi rezeki yang kita pahami adalah materi dunia. Definisi yang persis dimiliki oleh orang kafir.

Apalagi bila kita menoleh pada definisi rezeki menurut syariat kita. Tentu segala apa yang ada pada kita berupa kebaikan disebut rezeki. Termasuk teman dan lingkungan yang shaleh. Juga kesempatan yang ada di hadapan kita, sehingga kita mampu menyelesaikan tugas kita. Begitu juga kesehatan. Rezeki yang sangat besar. Sedangkan rezeki yang tidak semua manusia memilikinya sedang kita memilikinya adalah keimanan. Sungguh besar dan sangat tidak ternilai rezeki keimanan.

Bila kita dapati suatu waktu, kita tinggalkan atau kehilangan satu sarana dalam mencari rezeki Allah, maka bumi Allah sangatlah luas. Pun rezeki dari Allah. Selama ajal belum menjemput, maka rezeki terus mengejarmu. Sungguh hanyalah ajal yang menghentikan rezeki Allah untuk kita di dunia ini.

Allah azza wa jalla berfirman dalam QS. Fathir ayat 3, "Hai manusia, ingatlah akan nikmat Allah kepadamu. Adakah Pencipta selain Allah yang dapat memberikan rezki kepada kamu dari langit dan bumi?". (QS. Fathir: 3)

Ayat yang mengingatkan sekaligus menegaskan kepada manusia bahwa Allah yang mencipta dan memberi rezeki.Allah menciptakan manusia dan Allah tidak menelantarkan manusia. Karenanya setelah mengingatkan bahwa Allah yang menciptakan mereka, Allah mengingatkan pula bahwa Allah yang memberikan rezeki untuk mereka.

Jadi jangan sombong dengan apa yang ada pada kita saat ini. Pangkat, jabatan, kekayaan. Ini bukan usaha kita sendiri dan pemberian orang lain. Jangan jadikan kekuasaan dunia yang ada pada kita untuk kemudian mengklaim bahwa rezeki seseorang tergantung pada kita. Hakikatnya ini semua adalah dari Allah. [*]

Komentar

Embed Widget
x