Find and Follow Us

Minggu, 21 April 2019 | 11:43 WIB

Doa Sapu Jagat

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Kamis, 7 Februari 2019 | 01:11 WIB
Doa Sapu Jagat
(Foto: ilustrasi)

SEMOGA Allah Swt Yang Maha Menguasai segala kejadian, menjadikan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang mendapat keselamatan di dunia dan di akhirat. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda Nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, ada sebuah doa yang disebut dengan doa sapu jagat. Doa ini dinamakan demikian karena di dalamnya mengandung permintaan kebaikan di dunia dan di akhirat. Doa yang melingkupi segala kebaikan.

Doa tersebut berbunyi, "Robbanaa aatinaa fid dunyaa hasanah wa fil aakhiroti hasanah waqinaa adzaabannaar" yang artinya, "Duhai Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari siksa neraka." (QS. Al Baqarah [2] : 201)

Doa ini menunjukkan bahwa yang namanya kebaikan dunia itu hanya datang dari Allah Swt. Sedangkan dunia dan akhirat itu tidaklah seimbang. Jika di dunia kita hanya meminta satu kebaikan, maka di akhirat kita meminta dua kebaikan. Pertama, kebaikan berupa surga. Dan kedua, kebaikan berupa dijauhkan dari adzab neraka.

Saudaraku, apakah yang disebut dengan kebaikan di dunia? Kebaikan itu tidak harus selalu identik dengan uang, harta kekayaan, pangkat, jabatan, popularitas. Kebaikan dunia yang kita inginkan janganlah terbayangkan dalam bentuk yang kita sukai saja.

Kebaikan dunia yang sejati kita pinta kepada Allah Swt. adalah hati yang selalu yakin kepada Allah Swt dan kita diberikan istiqomah dalam menjalankan ketaatan terhadap Allah Swt, menyikapi apapun takdir Allah dengan sikap yang Allah sukai, maka itu adalah kebaikan dunia. Walaupun kejadian itu sakit, pahit, namun bisa menjadikan diri kita lebih dekat dengan Allah, lebih mengenal Allah dan lebih yakin kepada Allah, maka itu adalah kebaikan.

Adapun kebaikan akhirat itu adalah surga. Puncaknya kebaikan di akhirat adalah perjumpaan dengan Allah Swt. Dan, inilah yang harus kita rindukan.

Saudaraku, dunia hanyalah persinggahan semata. Dunia hanyalah tempat mampir yang sebentar saja. Dunia hanyalah tempat kita mengumpulkan bekal untuk kepulangan kita ke akhirat kelak. Dan, jikalau niat kita benar, cara kita benar dalam menjalani kehidupan di dunia ini, maka itulah kebaikan. Jika kita baik dan benar di dunia, maka ganjaran bagi kita di akhirat kelak adalah dua; diberi surga dan dijauhkan dari api neraka.

Jadi, jikalau kita berdoa, "Robbanaa aatinaa fid dunyaa hasanah wa fil aakhiroti hasanah waqinaa adzaabannaar", hati kita selalu berharap untuk menjadi orang yang yakin dan patuh kepada Allah Swt, inilah kebaikan di dunia. Dan, berharap menjadi ahli surga, berjumpa dengan Allah dan berharap diselamatkan dari api neraka, inilah kebaikan akhirat.

Mudah-mudahan doa yang benar-benar keluar dari hati kita, akan membuat ketaatan dan kepatuhan kita kepada Allah Swt. semakin kuat. Saudaraku, mari kita amalkan doa ini. Semoga menjadi amal sholeh bagi kita. Aamiin yaa Robbal aalamiin. [smstauhiid]

Komentar

x