Find and Follow Us

Minggu, 21 April 2019 | 11:43 WIB

Ahli Dzikir

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Rabu, 6 Februari 2019 | 01:11 WIB
Ahli Dzikir
(Foto: ilustrasi)

SEGALA puji hanya milik Allah Swt, Semoga Allah Yang Maha Baik, senantiasa memberikan taufik dan hidayah-Nya kepada kita sehingga kita menjadi hamba-hamba-Nya yang gemar berdzikir, mengingat-Nya dalam setiap langkah dan perbuatan kita. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada suri teladan kita, baginda Nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, Rasulullah Saw pernah memberi wasiat kepada sahabat Muadz, "Demi Allah, aku benar-benar mencintaimu. Maka janganlah kamu lupa untuk membaca doa di setiap akhir shalat: Allahumma ainnii ala dzikrika wa syukrika, wa husni ibaadatika. (Ya Allah, bantulah aku untuk mengingat-Mu dan bersyukur kepada-Mu, serta agar bisa beribadah dengan baik kepada-Mu)." (HR. An Nasai dan Ahmad)

Barangsiapa yang merindukan menjadi seorang ahli dzikir, maka kita tahu bahwa dzikir adalah amalan yang tiada bandingannya. Ahli dzikir adalah orang yang paling sering diingat oleh Allah Swt. Allah Swt berfirman, "Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)Ku." (QS. Al Baqarah [2] : 152)

Dan, barangsiapa yang ingin menjadi ahli syukur, maka kita tahu bahwa syukur adalah pembuka nikmat Allah Swt. Jauh lebih hebat bersyukur daripada berkeinginan. Bersyukur akan mendatangkan jaminan Allah berupa berbagai macam nikmat, sedangkan berkeinginan tidak mendatangkan apa-apa selain bagaikan rasa haus yang tiada berkesudahan.

Dan, barangsiapa yang ingin menjadi ahli ibadah dengan ibadah yang benar dan istiqomah, maka Rasulullah Saw. mengajarkan sebuah doa untuk kita amalkan. Doa tersebut berbunyi, "Allahumma ainnii ala dzikrika wa syukrika wa husni ibadatika", "Duhai Allah, tolonglah kami, bantulah kami menjadi orang yang selalu dzikir kepada-Mu, ingat kepada-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan menjadi ahli ibadah yang benar."

Saudaraku, kita harus tahu bahwa kita bisa beramal, menjadi ahli dzikir, itupun karena pertolongan Allah Swt. Kita bisa terbuka hati melihat berbagai karunia sehingga kita bersyukur, itupun karena bimbingan Allah Swt. Dan, kitapun harus tahu bahwa kita bisa beribadah dengan niat yang benar, dengan tatacara yang benar, dan dengan istiqomah, itu semua merupakan karunia yang datang kepada kita karena petunjuk dari Allah Swt.

Betapa indah jikalau Allah Swt. senantiasa hadir dalam hati kita kapan dan dimanapun kita berada. Saat dipuji, maka Allah Swt. ada di hati kita sehingga kita segera membungkus pujian itu dan mempersembahkannya hanya kepada Allah Swt. Saat dicaci, maka Allah Swt. pun ada di hati kita sehingga kita segera bermuhasabah diri sembari meyakini bahwa tiada satupun kejadian kecuali atas kekuasaan Allah Swt.

Membiasakan hati untuk selalu berdzikir mengingat Allah akan membuat hidup kita senantiasa terbimbing oleh-Nya. Hati yang berdzikir kepada Allah akan menjadi pendorong bagi kita untuk senantiasa bersyukur dan beribadah kepada-Nya, hanya melakukan apa saja yang Allah ridhoi.

Marilah kita berusaha mencari ilmunya, kita berusaha untuk berjuang dalam beramal sholeh, namun janganlah lupa untuk berdoa kepada Allah Swt. dengan doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah Saw. Inilah doa yang diwasiatkan Rasulullah Saw. untuk kita baca setiap seusai menunaikan sholat. "Allahumma ainnii ala dzikrika wa syukrika wa husni ibadatika".[smstauhiid]

Komentar

x