Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 Maret 2019 | 02:46 WIB

Bisikan Keluhannya kepada Allah

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Kamis, 7 Februari 2019 | 00:03 WIB

Berita Terkait

Bisikan Keluhannya kepada Allah
(Foto: ilustrasi)

ADA kisah yang ingin saya share, kisah seorang mahasiswa asal Afrika yang mengalami berbagai ketaknyamanan hidup. Dia tidak mengeluhkannya di media sosial sebagaimana lazimnya banyak pemuda kini. Dia pun tidak menyuarakan sambatannya kepada banyak telinga. Dia menulis surat kepada dosennya yang sangat dihormati.

Isi suratnya tidaklah panjang, alias singkat saja: "Bapak, berikanlah nasehat kepadaku bagaimana cara keluar dari berbagai masalah hidup dan doa apa yang harus saya panjatkan. InsyaAllah saya akan menuju multazam di Ka'bah." Singkatnya suratnya sungguh tak bermakna masalah hidupnya adalah kecil dalam ukuran pikirannya.

Sang dosen menjawab surat itu: "Anakku, musibahmu akan selalu besar jika dihadapi olehmu yang berhati kecil, namun ia akan menjadi kecil di hadapan Dzat Yang Mahabesar. Di Multazam nanti berdoalah dengan doa berikut ini. Saya yakin masalah hidupmu akan segera selesai dengan cara Allah, bukan dengan caramu."

Mantap sekali doa ini, singkat dan lugas. Pahami maknanya, ucapkan dengan penuh kekhusyu'an, maka derita pun akan berganti bahagia, air mata berubah menjadi mutiara, tangisan berganti dengan senyuman. Bagaimanakah akhir kisah mahasiswa Afrika ini? Saya belum dihubunginya. Salam, AIM. [*]

Komentar

Embed Widget
x