Find and Follow Us

Minggu, 21 April 2019 | 11:42 WIB

Menjalani Hidup dengan Penuh Ridho

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Rabu, 6 Februari 2019 | 00:05 WIB
Menjalani Hidup dengan Penuh Ridho
(Foto: ilustrasi)

COBA ingat-ingat orang yang paling tua di sekitar kita yang hidupnya paling menderita, lalu datangi dan ajaklah mereka bercerita tentang kesulitan dan musibah yang pernah tertimpa. Mereka pasti semangat menceritakan kisah-kisahnya itu.

Ambillah satu pelajaran penting saja dari kisah-kisah mereka itu, yaitu bahwa sesulit apapun yang mereka hadapi dan seberat apapun musibah yang mereka terima ternyata sampai kini mereka TETAP HIDUP, dan bahkan panjang umur.

Yang ingin saya katakan adalah bahwa semua peristiwa atau kejadian dalam hidup kita itu PASTI BERLALU. Semua hanya urusan waktu. Kalau begitu, tak perlulah kita terlarut dalam kesedihan panjang, tak perlulah kita menghiasi hari-hari dengan keluhan. Nikmati saja setiap episode kehidupan bagai menonton film favorit yang disukai.

Kata Anne Lamott dalam bukunya Help, Thanks, Wow: The Three Essential Prayers, cukuplah kita lakukan tiga hal utama dalam hidup: minta tolonglah selalu kepada Dzat Tertinggi, berterimakasihlah selalu akan segala apa yang kita terima dan nikmatilah sisi-sisi kehidupan dengan penuh keceriaan.

Sesuatu yang menurut kita sulit, sungguh sangat mudah bagi Allah. Sesuatu yang menurut kita besar, sungguh merupakan hal kecil menurut Allah. Sesuatu yang menurut kita mustahil, sungguh bukanlah hal yang mustahil bagiNya. Kalau begitu, masihkah ada celah untuk larut dalam kesedihan panjang? Jalani saja kehidupan ini dengan penuh ridla. Sebutlah nama Allah, ketuklah pintuNya karena pintu dibukakan hanya bagi yang mengetuknya. Selamat pagi sahabatku, selamat pagi saudaraku. Salam, AIM. [*]

Komentar

x